Piranti Peningkat Aksi Drift Ford Focus RS Share this
Modifikasi
Mode baca

Piranti Peningkat Aksi Drift Ford Focus RS

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 02 November 2017

Foto: all-new Ford Drift Stick

MICHIGAN - Ford Performance meluncurkan all-new Drift Stick dengan electronic handbrake pertama di dunia.

Ford Performance akan menyematkan kompenen baru ini dalam diri Focus RS. Drift Stick generasi baru ini diklaim merupakan yang pertama di dunia dengan teknologi rally-inspirated electronic handbrake.

Dalam proses pengembangannya, all-new Drift Stick ini juga dikembangkan oleh tim khusus yang mengembangkan Focus RS. Komponen ini menggunakan bahan aluminum dan ditanamkan di antara jok pengemudi dan tuas transmisi manual.

Posisi penempatan tersebut dipastikan akan membuka clutch unit rear-drive dan mengaktifkan tekanan hidrolik untuk mengunci roda belakang dengan akurat. Dengan adanya komponen tersebut, mobil akan terasa layaknya mobil balap rally.

“Semua orang di sini antusias untuk berfikir outside-the-box, sehingga proyel ‘Wicked Stick’ dapat dilahirkan. Para insinyur kami akan memanfaatkan berbagai macam ilmu dalam proyek ini untuk membuat produk-produk baru Ford Performance di masa depan,” tutur Dave Pericak, Global Director Ford Performance.

all-new Drift Stick

Salah satu bintang drift dunia, Ken Block telah mencoba kemampuan komponen tersebut dan merasa sangat puas. Dengan adanya all-new Drift Stick, Ford Focus RS kini dapat ‘berdansa’ dengan mudah.

“Saya pikir ini sangatlah keren. Ford Performance menawarkan konsumen sebuah komponen untuk menciptakana large-angle drift di Focus RS. Hal tersebut adalah sesuatu yang sangat saya sukai dan membuat sangat menarik untuk melihatnya kemampuan sebenarnya di jalan,” tutur Ken Block.

Berbeda dengan handbrake hidrolik, all-new Ford Drift Stick ini tidak membutuhkan modifikasi lainnya. Sehingga komponen ini sangat mudah disematkan karena telah menggunakan teknologi elektrik.

Komponen ini akan terkoneksi dengan port diagnostik onboard pada mobil dan berfungsi layaknya alat kalibrasi professional. Sayangnya, komponen ini hanya ditawarkan untuk pasar Amerika Serikat dan Kanada dengan harga Rp 13,5 juta. [Amo/Ikh]


Komentar