Mobil Hidrogen Yamaha akan Diuji di Jalan Raya Share this

Mobil Hidrogen Yamaha akan Diuji di Jalan Raya

Indra Prabowo
pada 05 April 2019

IWATA – Prototipe mobil hidrogen bikinan Yamaha Motor, YG-M FC, akan diuji di jalan-jalan raya di Jepang mulai 18 April 2019.

Pengujian akan berlangsung di jalur pusat kota di Wajima City, Prefektur Ishikawa, termasuk rute terjadwal sebagai bagian dari sistem transportasi baru kota "WA-MO" serta nantinya untuk layanan berbagi kendaraan tak berbatas (seamless vehicle sharing service).

Dibandingkan dengan kendaraan-kendaraan Public Personal Mobility listrik dengan ukuran yang sama, prototipe sel bahan bakar ini memiliki keunggulan jarak lebih panjang dan waktu pengisian bahan bakar lebih singkat.

Sayangnya Yamaha Motor tidak menyebutkan berapa daya jelajah dan waktu pengisian-ulang hidrogen kendaraan ini.

Mobil hidrogen Yamaha

Inisiatif ini sejalan dengan strategi dasar hidrogen Pemerintah Jepang dalam mempromosikan penyebaran dan pemasangan kendaraan sel bahan bakar dan stasiun hidrogen, dan juga berkontribusi untuk mengatasi masalah sosial seperti mengurangi emisi gas rumah kaca dan memberikan generasi terakhir dari transportasi jarak jauh.

Selain itu, YG-M FC sekaligus mempromosikan "Transformasi Mobilitas," bagian dari visi jangka panjang Yamaha "ART for Human Possibilities" dan merupakan langkah menuju target dalam Rencana Lingkungan 2050 dari pengurangan 50% dalam emisi CO2 produk dan 50% pengurangan penggunaan sumber daya.  

Mobil hydrogen ini akan dipamerkan oleh Yamaha di Automotive Engineering Exposition pada 22 Mei 2019 di Yokohama. [Idr]


Komentar