Canggih! Apple Watch Bisa Deteksi Oksigen Dalam Darah Share this
Aksesoris
Mode baca

Canggih! Apple Watch Bisa Deteksi Oksigen Dalam Darah

Ahmad  Richad
pada 03 April 2020

JAKARTA - Apple saat ini tengah mempersiapkan peluncuran produk barunya yakni Apple Watch. Jam pintar tersebut akan memiliki fitur baru yang mampu deteksi oksigen dalam darah.

Dari informasi yang didapat, Apple Watch dari series ketiga hingga yang terbaru nanti yakni series enam, akan mendapatkan pembaharuan sistem operasi ke WatchOS 7.

Melalui sistem operasi baru tersebut, kabarnya jam pintar ini akan disematkan fitur sleep tracking dan pemantauan oksigen dalam darah (blood oxygen monitor).

Sebenarnya, sensor ini sudah ada sejak 2015 silam. Namun pengguna Apple Watch harus melakukan instalasi aplikasi tambahan. Dengan kata lain, fitur tersebut belum terintegrasi secara langsung dengan smartwatch sehingga akan memakan konsumsi daya lebih besar.

Tidak hanya itu, untuk membuat tampilan jam tangan pintarnya semakin menarik, pihak Apple diketahui tengah mengajukan paten untuk Apple Watch agar dapat mengusung teknologi Touch ID.

Dengan adanya sistem Touch ID, Apple dapat membuat sistem keamanan yang lebih kuat di Apple Watch untuk digunakan dalam layanan seperti Apple Pay. Namun, paten adalah paten. Produsen belum tentu merealisasikannya.

Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai tata letak dari sensor sidik jari Touch ID ini, karena pada bagian Digital Crown sudah digunakan untuk menangkap EKG dalam model Apple Watch saat ini dengan elektroda yang disertakan.

Produk baru Apple Watch ini dikabarkan meluncur pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) yang akan di gelar saat musim gugur, atau kurang lebih bulan Juni mendatang. [Ric/Idr]


Komentar