Tips Selamat untuk Bikers Share this
Tips
Mode baca

Tips Selamat untuk Bikers

Indra Prabowo
pada 17 September 2019

JAKARTA – Banyak pengendara motor (biker) menyepelekan faktor-faktor keselamatan. Setiap hari kita bisa lihat banyak bikers melanggar aturan, saling serobot, tidak punya empati, tidak menggunakan riding gear yang layak, dan lain-lain.

Berikut ini kami beberapa tips dari IAM RoadSmart – suatu organisasi nirlaba yang focus ke masalah keselamatan jalan raya – dan Otospirit.com untuk pengendara motor:

  1. Gunakan riding gear yang tepat (jaket, sarung tangan, helm, sepatu, celana panjang). IAM RoadSmart mengajurkan bikers untuk menginvestasikan helm dengan tingkat keselamatan tinggi dan jangan tergoda untuk membeli helm bekas yang kita tidak tahu kejelasannya.
  2. Jangan gunakan headphone. Godaan untuk mendengarkan musik saat mengendarai motor akan selalu ada, tetapi penting untuk mendengar apa yang terjadi di sekitar Anda. Anda perlu mengetahui lalu lintas lain dan pengguna jalan lainnya untuk keselamatan Anda.
  3. Satellite navigation telah umum dipakai oleh para biker untuk memandu, tetapi sadari bahwa itu masih merupakan ancaman gangguan; layar cenderung kecil dan di bawah sinar matahari atau hujan bisa sulit dilihat. Jika Anda kesulitan melihat layar navigasi,  menepilah untuk memeriksa dengan aman.
  4. Jangan lupa melakukan perawatan rutin motor Anda karena berkaitan dengan keselamatan pula.
  5. Jangan lupa kunci motor Anda ketika parkir. Jika perlu pakai kunci ganda. Parkirlah di tempat yang bisa terlihat oleh Anda atau petugas keamanan/parkir
  6. Patuhi peraturan dan rambu lalulintas
  7. Jangan merasa wajib untuk 'mengikuti' pengendara-pengendara lain. Miliki kepercayaan diri untuk mengendarai dengan kecepatan Anda sendiri, dan buat keputusan Anda sendiri, terutama dalam hal menyalip dan menyaring.
  8. Pastikan Anda membawa SIMC dan STNK asli dan masih berlaku.

Demikian beberapa tips motor yang Anda bisa ambil. [Idr]   


Komentar