Pertamina Siapkan Bahan Bakar Ramah Lingkungan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Pertamina Siapkan Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 07 February 2017

Foto: PT Pertamina (Persero) persiapkan bahan bakar terbaik

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan Honeywell untuk menggunakan teknologi Honeywell UOP sehingga dapat memproduksi komponen campuran terbaik.

Perjanjian kerjasama ini mencakup penggunaan lisensi dan rekayasa untuk unit CCR Platforming™ berkapasitas 33.000 barel per hari. Fasilitas tersebut akan memproduksi bahan bakar untuk mesin dengan oktan bernilai tinggi dan unit hydrotreating Unionfining™ berkapasitas 47.000 barel per hari untuk membuatkerosene jet fuel.

Teknologi Honeywell UOP dipastikan akan digunakan untuk memproduksi sejumlah komponen campuran (blending) bensin dengan oktan bernilai tinggi (high-octane gasoline) dan bahan bakar penerbangan (jet fuel) di kilang pengolahan Balikpapan, Kalimantan Timur.

"CCR Platforming unit di Balikpapan akan menjadi unit kedelapan dari Honeywell UOP yang akan digunakan oleh Pertamina dan merupakan tulang punggung pasokan Pertamina untuk bensin dengan oktan bernilai tinggi," tutur Mike Millard, Vice President & General Manager, Process Technology and Equipment, Honeywell UOP.

Dengan semakin meningkatnya permintaan terhadap bensin setiap tahun hingga 4-5 persen, dibutuhkan teknologi terbaru guna memenuhi kebutuhan tersebut. Pemerintah mengakui sedang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri terhadap produk bahan bakar hasil penyulingan (refined products).

Berbagai teknologi dari Honeywell UOP akan membantu Indonesia untuk memenuhi lonjakan permintaan domestik dan memperbarui spesifikasi bahan bakar yang aman bagi lingkungan ke taraf Euro IV dan menghapuskan produksi bensin berjenis RONC 88.

"Teknologi itu akan menyediakan tingkat produksi tertinggi yang dimungkinkan untuk beberapa jenis bahan bakar tersebut, serta memproduksi 1,2 juta ton per tahun untuk produk petrokimia, paraxylene dan benzene," tambah Mike Millard.

Sebagai bagian dari proyek serupa, Pertamina telah memberikan kontak pada Honeywell UOP untuk memperbesar kapasitas sejumlah unit Unicracking™ yang dimiliki saat ini menjadi 60.000 barel per hari. Unit-unit tersebut memasok bahan bakar diesel bermutu tinggi untuk kawasan Timur Indonesia.

Honeywell UOP telah menjadi penyedia jasa terkemuka bagi beberapa solusi perbaikan yang menghasilkan bensin dengan oktan bernilai tinggi dan sulfur yang sedikit. Lebih dari 250 unit Honeywell UOP CCR Platforming telah digunakan di seluruh dunia sejak teknologi tersebut diperkenalkan pada 1971.

Ketika digabungkan dengan produk catalysts Honeywell UOP yang terbaik, kegiatan produksi CCR Platforming akan menghasilkan produk pengganti dengan oktan bernilai tinggi dan dipakai untuk membuat bensin serta sumber produk aromatics.

Honeywell UOP juga merupakan pemasok terkemuka dunia untuk teknologi distillate hydrotreating dan telah digunakan di seluruh dunia. Proses UOP Distillate Unionfining™ meningkatkan mutu bahan baku middle distillate termasuk kerosene, bahan bakar untuk penerbangan dan sejumlah minyak diesel guna memenuhi persyaratan bahan bakar yang jauh lebih ketat. [Amo/Ikh]


Komentar