Triumph akan Panaskan Persaingan Moto2

LONDON – Triumph akan panaskan persaingan Moto2 mulai 2019 menjadi perbincangan hangat.

Moto2 yang saat ini menggunakan mesin dari Honda akan habis kontraknya pada akhir musim 2018. Beberapa kandidat penggantinya bermunculan mulai Kawasaki, MV Agusta, dan Triumph. Merek terakhir disebut-sebut mempunyai potensi paling besar menjadi pemasok mesin baru.

Beberapa sumber mengatakan bahwa Triumph telah mencapai kata sepakat dengan Dorna. Pabrikan asal Inggris tersebut akan menjadi pemasok tunggal mesin Moto2 mulai 2019. Mesin buatan negeri Ratu Elizabeth ini akan mulai diuji pada musim 2018.

Dikabarkan bahwa Triumph akan menggunakan mesin 750cc yang berbasis dari produk Daytona 675R. Sumber tenaga baru mereka dianggap lebih ideal daripada Honda yang menggunakan jantung penggerak CBR600RR.

Dimensi mesin Triumph yang lebih ramping disebut-sebut lebih cocok menggunakan chassis murni balap. Sebagai calon pemasok mesin di Moto2, mereka dihadapkan dengan dua pertanyaan yakni keandalan dan kesanggupan Triumph. Hingga saat ini, mereka masih aktif di beberapa kejuaraan balap motor.

Sebagai supplier mesin tunggal, setiap pabrikan motor harus mampu memastikan keandalan sumber tenaga buatannya. Mereka harus mampu memantau prosedur pemeliharaan mesin dan memenuhi setiap tim.

Dengan masih aktifnya Triumph di berbagai kejuaraan balap motor, dikhawatirkan pasokan mesin untuk Moto2 akan terhambat.

Triumph sendiri dikabarkan telah mengembangkan mesin tiga-silinder baru yang akan dikenalkan pada Februari mendatang di London Motorcycle Show 2017. [Dew/Ikh]