New Triumph Street Triple “War Has Just Begun”

New Triumph Street Triple
New Triumph Street Triple

LONDON – Perusahaan otomotif asal Inggris Triumph meluncurkan Street Triple. Tak tanggung-tanggung, ada tiga varian naked bike yang menjadi andalan baru mereka di segmen motor premium.

Dengan kehadiran motor-motor ini, kompetisi segmen sepedamotor “telanjang” baru saja dimulai menurut Triumph. Ada tiga pilihan yaitu Triumph Street S, R dan RS yang ditawarkan. Masing-masing varian memiliki spesifikasi yang berbeda pada mesin dan fitur di meter cluster.

Klaim pabrikan, sepedamotor dari Negeri Para Ratu ini dibuat dengan tingkat keunikan tinggi, mulai dari desain, rangka, mesin dan suspensi. Semua didukung oleh kemampuan terbaik dari merek legendaris Triumph bertujuan meningkatkan kepercayaan diri si penunggang kuda besi ketika berkelana.

Untuk mengejar kata sempurna dari versi sebelumnya, sepedamotor ini ditopang mesin kapasitas 765cc DOHC tiga-silinder dan tenaganya naik 6,6 persen atau 111 hp pada 11.250 rpm (S), 116 hp pada 12.000 rpm (R) dan 121 hp pada 11.700 rpm (RS). Para insiyur melakukan remapping ecu agar motor berkarakter ini lebih nyaman dikendarai dalam dan luar kota.

New Triumph Street Triple
New Triumph Street Triple

Teknologi yang tersimpan adalah ride-by-wire throttle, sejumlah riding modes, ABS dan switchable traction control guna meningkatkan pengendaraan. Triumph Street S, R dan RS ini sendiri dilengkapi jok bertingkat, di mana jok pengemudi didesain agak datar.

Khusus Street Triple R dan RS pada bagian meter cluster tersedia layar TFT 5″ yang memberikan informasi kendaraan dengan pasti. Pada layar tersebut rider bisa melihat mode pengendaraan (Road, Rain, Sport, Track dan rider-programmable) yang dipilih sesuai kondisi lintasan.

Untuk memastikan bahwa layar dapat dibaca oleh pengendara, pada layar tersedia Ambient Light Sensor (ALS). Fitur ini memastikan layar bisa terbaca meski cuaca hujan lebat sekalipun.

Dan untuk Triumph Street S, pada bagian LCD instrument cluster telah direvisi sepenuhnya sehingga mirip milik Triumph Speed Triple. Bagian ini menampilkan informasi motor termasuk odometer, kondisi bahan bakar, trip meter dan jarak tempuh.

Ketiga varian ini ditopang suspensi Showa diamater 41mm dan monoshock Öhlins di belakang. Masing-masing dilengkapi rem Brembo M50 di depan, Brembo single-piston di belakang.

Triumph menjual dengan harga Rp 129 juta untuk tipe S. Tipe RS dan R masing-masing akan diumumkan pada Maret dan Mei. [Ikh]