Volkswagen I.D. Bertabur Teknologi Masa Depan Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Volkswagen I.D. Bertabur Teknologi Masa Depan

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 29 September 2016

Foto: Mobil listrik pertama VW tampil perdana di Paris Motor Show 2016

PARIS - Mobil listrik Volkswagen I.D. debut dunia di Paris Motor Show 2016.

Volkswagen I.D. menyuguhkan desain hatchback 4-pintu dan hanya beratapkan panoramic roof yang terbuat dari kaca. Untuk memperkuat kesan "hijau", VW membubuhi warna biru di bagian depan, samping dan belakang.

Sementara di bagian interiornya mengusung konsep 'Open Space', di mana menyajikan ruang lega, atap tinggi yang bertujuan meningkatkan kenyamanan bagi siapapun berada di dalamnya.

Dan tidak berlebihan jika kami bilang ini salah satu calon mobil listrik canggih di masa depan. Sebab I.D. nantinya bisa dikendalikan dari jarak jauh dengan teknologi otonom. Teknologi tersebut memastikan mobil menghampiri pemiliknya, seperti di lobi hotel, pusat perbelanjaan dan pusat keramaian lain.

Ketika masuk ke dalam, Anda akan disajikan sebuah layar-sentuh di dashboard untuk mengoperasikan berbagai macam fitur di mobil ini.

Volkswagen menjelaskan bahwa I.D. merupakan produk pertama VW yang menggunakan Modul Elecric Drive Kit (MEB) untuk menempatkan  baterai lithium-ion dengan presisi. Motor listrik mampu menyemburkan tenaga 125 kw setara 167,6 hp.

Jarak tempuh hingga 600 kilometer dalam sekali proses pengisian di instalasi listrik rumah. Baterai ini didesain akan terisi 80 persen dalam pengisian selama 30 menit (fast charging).

VW memastikan mobil akan menyimpan mode "full automated driving" untuk meningkatkan pengalaman berkendara. Fitur ini bisa dinonaktifkan.

Jika tidak ada aral melintang Volkswagen I.D. akan mulai dipasarkan pada 2020 dan mode full automated driving baru tersedia pada 2025.

Perusahaan otomotif asal Jerman ini berangan-angan untuk menyediakan 30 mobil listrik atau Electric Vehicles (EVs) sampai 2025, dan target produksi 2-3 juta mobil listrik per tahun. [Amo/Ikh]

Lebih lanjut di Otospirit
Volkswagen I.D. Bertabur Teknologi Masa Depan


Komentar