Hamilton Gagal Finish, Ricciardo Menangi GP Malaysia 2016 Share this
F1
Mode baca

Hamilton Gagal Finish, Ricciardo Menangi GP Malaysia 2016

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 02 October 2016

Foto: Daniel Ricciardo Menang di GP Malaysia 2016

SEPANG - Pebalap Red Bull Racing Daniel Ricciardo keluar sebagai pemenang pada Formula 1 Malaysia 2016, diikuti Max Verstappen. Tim Red Bull pun menempati posisi 1 dan 2 pada yang digelar di sirkuit Sepang, Minggu (2/10) siang WIB. Hasil ini adalah kemenangan pertamanya musim ini.

Sementara itu Lewis Hamilton mengalami nasib buruk dan gagal menuntaskan balapan GP Malaysia karena masalah mesin mobilnya. Dan rekan satu timnya, Nico Rosberg finish di urutan ketiga. Menyusul di belakang pebalap asal Jerman itu adalah pembalap tim Ferrari, Kimi Raikkonen.

Sebelumnya, Hamilton yang memegang pole position di Sepang, Malaysia beranggapan bisa tampil maksimal. Hamilton sendiri menjadi yang tercepat dalam dua sesi latihan terakhir GP Malaysia 2016.

Naas, bencana menimpa pembalap asal Inggris itu terjadi di lap-41 yang membuat Ia harus keluar dari jalannya balapan.

Padahal selepas start, Hamilton langsung melesat di posisi terdepan. Ia cukup tenang di garis terdepan, dan terlepas dari insiden cukup mengerikan di belakangnya. Insiden tersebut terjadi di tikungan pertama ketika Sebastian Vettel memaksa masuk barisan, namun malah menabrak mobil Rosberg.

Vettel yang tidak bisa melanjutkan balapan karena mobil mengalami kerusakan cukup parah. Sedangkan Rosberg bisa melanjutkan balapan meski tercecer hingga urutan ke-21 akibat masalah pada mobilnya.

Balapan terus berlanjut dan memasuki lap keenam, Hamilton yang memimpin balapan diikuti Ricciardo dan Verstappen. Rosberg terus berusaha untuk mengejar ketertinggalan. Memasuki lap ke-21, Verstappen memimpin balapan, setelah Hamiton memasuki pit. Namun Hamilton kembali meraih posisi terdepan di lap ke-27.

Di lap ke-34, Ricciardo berada 16,3 detik di belakang Hamilton. Verstappen dan Raikkonen ada di urutan ketiga dan keempat. Sedangkan Rosberg posisinya terus naik di posisi kelima, di mana Ia berhasil membuntuti Raikkonen.

Tiba-tiba di lap ke-41, bagian belakang mobil Hamilton mengeluarkan asap dan api. Kejadian ini harus memaksanya keluar dari balapan. Posisi terdepan pun diambil alih oleh Ricciardo, Verstappen, Rosberg, dan Raikkonen.

Rosberg berusaha untuk merangsek ke posisi terdepan di lap ke-43. Naas mobilnya menyenggol mobil Raikonen, dan juri lomba harus memberikan penalti 6 detik. Sampai di lap ke-50 Ricciardo kian tak terkejar dan unggul sekitar 1,175 detik dari Verstappen. Ricciardo menyentuh garis finish pertama diikuti Verstappen dan Rosberg.

Dan pebalap Ferrari, Raikkonen finish di posisi keempat diikuti Bottas, Perez.

Daftar Pemenang Formula 1 Malaysia 2016:

1. Daniel Ricciardo AUS Red Bull-TAG Heuer 56 laps / 1h 37m 12.776s

2. Max Verstappen NED Red Bull-TAG Heuer +2.4s

3. Nico Rosberg GER Mercedes-Mercedes +25.5s

4. Kimi Raikkonen FIN Ferrari-Ferrari +28.7s

5. Valtteri Bottas FIN Williams-Mercedes +61.5s

6. Sergio Perez MEX Force India-Mercedes +63.7s

7. Fernando Alonso ESP McLaren-Honda +65.2s

8. Nico Hulkenberg GER Force India-Mercedes +74.0s

9. Jenson Button GBR McLaren-Honda +81.8s

10. Jolyon Palmer GBR Renault-Renault +95.4s

11. Carlos Sainz Jr ESP Toro Rosso-Ferrari +98.8s

12. Marcus Ericsson SWE Sauber-Ferrari +1 lap

13. Felipe Massa BRZ Williams-Mercedes +1 lap

14. Daniil Kvyat RUS Toro Rosso-Ferrari +1 lap

15. Pascal Wehrlein GER MRT-Mercedes +1 lap

16. Esteban Ocon FRA MRT-Mercedes +1 lap [Ikh]


Komentar