Goodyear dan Brabham Bercumbu Lagi Share this
Balap Lain
Mode baca

Goodyear dan Brabham Bercumbu Lagi

Denny Basudewa
pada 18 September 2019

Foto: Goodyear dan Brabham

JAKARTA – Goodyear kembali menjalin kerja sama dengan Brabham Automotive dalam melahirkan mobil balap BT62.

Kemitraan Goodyear dengan Brabham sebenarnya bukanlah hal baru. Kedua belah pihak telah melangsungkan kolaborasi sejak 1965. Bahkan Jack Brabham yang mengendarai Brabham-Repco BT19 memenangkan penghargaan Grand Prix Inggris pada 53 tahun silam.

Kerja sama Brabham dan Goodyear akan kembali mesra pada ajang balap Britcar into the night pada 9 – 10 November 2019 di Brands Hatch, Inggris. Event balap ini mirip denga balap ketahanan Le Mans yang sangat populer.

“Keberhasilan gabungan Goodyear dan Brabham di motorsport adalah sebuah ikon. Kemitraan ini secara historis membawa kesuksesan yang luar biasa di Formula 1 dan Endurance Racing, sehingga kami ingin melanjutkan warisan kemenangan ini melalui Brabham Automotive, BT62 dan varian mobil masa depan,” ucap David Brabham, Direktur Brabham Automotive.

Kembalinya Goodyear dan Brabham menggunakan Brabham BT62, mobil yang dibuat secara maksimal dan terbatas hanya sebanyak 70 unit ini berbobot 972kg (kering). Tenaganya mencapai 700 hp, dihasilkan dari mesin V8 5.4-liter, menawarkan kinerja luar biasa dan dikatakan telah memecahkan rekor putaran kelas GT3.

Dengan downforce lebih dari 1.200 kg, program pengembangan ban menjadi sangat penting karena Brabham terus menggunakan pendekatan berbasis kinerja, untuk memuaskan ambisi penaklukan trek dan jalan mereka.

Selain memasok ban Goodyear Racing untuk seri BT62, mobil ini juga tersedia dengan opsi yang telah dikonversikan sesuai dengan gaya Brabham. Cakupan ban dari jajaran Goodyear dimulai dengan Eagle F1 SuperSport yang diluncurkan pada awal tahun ini. [Dew/Idr]


Komentar