Cek 11 Komponen Mobil Ini, Mudik Pasti Aman Share this
Tips
Mode baca

Cek 11 Komponen Mobil Ini, Mudik Pasti Aman

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 17 May 2019

JAKARTA — Mudik dengan rute panjang membutuhkan mobil yang prima. Untuk itu, tak ada salahnya mengecek 11 bagian mobil berikut ini agar perjalanan lebih aman. 

Sebelum melakukan perjalanan mudik ada baiknya melakukan cek rutin komponen kendaraan yang krusial seperti aki, oli, hingga kaki-kaki mobil. Pengecekan rutin ini memang terlihat sepele, namun sangat penting untuk menekan timbulnya masalah pada kendaraan sampai kepada meminimalisir kondisi fatal yang tidak diinginkan. 

Astra Otoparts mengimbau pengguna mobil untuk melakukan pemeriksaan terhadap 11 komponen mobil ini sebelum mudik. Berikut daftarnya: 

1. Kelistrikan dan Air Aki

Pengecekan sistem kelistrikan aki bertujuan untuk mengetahui tingkat voltase aki. Apabila tingkat voltase lemah, maka dapat mengakibatkan mobil sulit dihidupkan atau aki soak di tengah jalan. Terminal aki yang kotor juga wajib dibersihkan dan dikencangkan kembali karena jika terminal aki kendor, sistem kelistrikan tidak bekerja sempurna.

Selain itu, kabel aki juga tidak boleh dilupakan. Jika tidak terpasang dengan baik, maka akan menyebabkan korsleting dan kabel aki meleleh serta bisa menimbulkan efek lebih parah yaitu kebakaran. 

Air aki juga tidak boleh luput karena kalau sampai kering, maka akan merusak
komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik. Ada baiknya kalau Anda pemilik mobil lama untuk mengganti aki baru supaya lebih terjamin kenyamanan dan keamanan selama perjalanan mudik.

2. Oli mesin, Transmisi dan Gardan

Oli mesin, transmisi, maupun gardan juga tidak dapat diabaikan. Melihat fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen, maka
penggantian oli menjadi hal penting untuk mencegah kerusakan komponen, overheating, menurunnya kualitas mesin dan borosnya penggunaan bahan bakar. 

3. Shock Absorber

Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk menyerap
guncangan saat kendaraan melewati gundukan atau lubang. Terlebih lagi di jalanan
yang tidak dapat diduga pada perjalanan mudik. Maka dari itu, pengecekan Shock Absorber harus dilakukan juga agar pengemudi selalu merasa nyaman dan terhindar dari bahaya.

4. Filter Udara

Filter udara penting untuk dibersihkan untuk mencegah tarikan mesin berkurang, pemborosan bahan bakar, suara mesin kasar, dan mesin tidak bekerja dengan sempurna.

5. Filter Oli dan AC

Agar perlindungan oli terhadap mesin bekerja maksimal dan membuat mesin terawat dengan baik, filter oli sebagai penyaring kotoran pada oli juga tidak boleh luput dari pengecekan sebelum melakukan perjalanan mudik. Tidak hanya itu, filter AC juga wajib diperiksa fungsinya menyaring udara kotor lebih maksimal.

6. Tekanan Angin

Menjaga tekanan angin dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan mudik. Keuntungan yang diperoleh adalah mobil dapat memberikan jarak pengereman yang lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada
kecepatan tinggi maupun tikungan, menjaga daya tahan ban dengan lebih baik serta dapat menghemat bahan bakar.

7. Minyak Rem

Rem merupakan hal yang vital selama berkendara. Minyak rem yang kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem. Untuk itu, cek kembali kualitas minyak rem sebelum digunakan untuk perjalanan jauh. 

8. Air Radiator

Sistem pendinginan mesin juga harus dijaga dengan cukupnya air radiator untuk menjaga komponen radiator dan terhindar dari penyakit overheat.

9. Semir Ban

Dengan menyemir ban secara rutin, akan membantu membersihkan ban dari kotoran yang
membandel. Membuat ban tampak seperti baru sesuai warna karet ban asli. Tentu saja semir ini menjadi perawatan demi menjaga elastisitas ban. 

10. Kondisi Wiper Blade

Wiper memerlukan pengecekan rutin, agar pandangan pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik jernih dan tidak terganggu dengan segala kotoran yang menempel.

11. Lampu Utama dan Lampu Sein

Terakhir, cek kondisi lampu utama maupun lampu sein. Apakah lampu tersebut masih layak digunakan atau tidak. Lalu, periksa kembali sistem kelistrikannya terutama pada sambungan kabel dan kondisi kabel juga bohlamnya.

Selain itu menjelang mudik lebaran 2019, Shop&Drive menghadirkan layanan terbarunya yaitu Paket Tune up dengan harga promo mulai Rp 250.000. Layanan
tersebut saat ini dapat dinikmati di gerai Super Shop&Drive. 

Tidak hanya itu, Shop&Drive juga menawarkan promo menarik selama bulan Ramadhan:  

1. Ganti oli hemat hingga Rp312.000
2. Trade in aki hingga Rp850.000
3. Diskon Shock Absorber hingga 50%
4. Diskon ban hingga 45%

Seluruh promo ini dapat dinikmati melalui pembayaran dengan menggunakan kartu kredit dan debit Mandiri. Selain itu, Shop&Drive juga menerima pembayaran menggunakan OVO dengan cashback yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan setia Shop&Drive. [Ary/Idr]


Komentar