Zarco Gagal Menang di MotoGP Qatar Karena Kendala Ban Share this
MotoGP
Mode baca

Zarco Gagal Menang di MotoGP Qatar Karena Kendala Ban

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 20 Maret 2018

LOSAIL - Johann Zarco mengakui kendala pada ban menjadi salah satu penyebab gagal memenangkan pertarungan di MotoGP Qatar.

Tak ada yang menyangsikan penampilan Zarco di Sirkuit Losail akhir pekan lalu. Setelah menempati pole position dengan rekor baru, Zarco juga mendominasi jalannya balapan.

Sayang, penampilannya di seri pembuka itu menjadi anti klimaks. Zarco yang terus memimpin, tidak bisa bertahan dari serangan Andrea Dovizioso, Marc Marquez hingga Valentino Rossi.

Zarco menyebut dia mengalami masalah pada ban depan. Itu dirasakannya ketika balapan sudah berlangsung 8-9 lap.

"Saya di depan dalam waktu yang lama dan bisa mengontrol penuh situasi. Saya juga menunggu siapa lawan yang memiliki kelebihan. Tapi, di lap itu saya mulai merasa khawatir dengan ban depan," kata Zarco.

Nahas bagi Zarco ketika Dovi melakukan overtake di 5 lap tersisa. Sejak saat itu, pembalap Yamaha Tech3 itu tidak bisa memperbaiki posisinya lagi. Zarco menyebut ban depannya sangat licin dan terlalu berisiko jika terus memaksa di depan.

"Teknisi Michelin di garasi saya sudah mengkonfirmasi kalau ada yang salah dengan itu (ban). Jadi, saya tidak perlu menyalahkan diri sendiri. Pesaingan akan berlanjut dan kemenangan akan datang nanti," begitu optimisme Zarco.[Ary/Ari]


Komentar