Zarco Catat Rekor Baru di Le Mans Share this
MotoGP
Mode baca

Zarco Catat Rekor Baru di Le Mans

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 20 Mei 2018

MAINE - Johann Zarco meraih pole position dan sekaligus mencatat rekor baru di kualifikasi MotoGP, Sirkuit Le Mans, Perancis (19/5/2018).

Sesi kualifikasi MotoGP Le Mans menjadi milik Zarco. Pembalap tuan rumah ini berhasil mencatat lap time tercepat. Torehan itu tidak hanya menempatkannya di urutan terdepan pada balapan besok (20/5/2018), dia juga membuat rekor baru atas namanya sendiri di Sirkuit Le Mans.

Sebelumnya, pembalap Yamaha Tech3 ini sudah berhasil mematahkan rekor yang sebelumnya dicetak Jorge Lorenzo, 2016 silam. Kali itu Zarco sudah mampu membuat waktu 1 menit 31,645 detik.

Perolehannya ini bertahan hingga paruh pertama kualifikasi. Namun, bukan hanya Zarco seorang yang berhasil meraih waktu di rentang 1 menit 31 detikan. Di sana juga ada Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Andrea Iannone hingga Danilo Petrucci.

Bahkan, di percobaan keduanya Marquez berhasil menggeser Zarco ke urutan kedua. Namun, Zarco membuat kejutan jelang berakhirnya kualifikasi dengan lap time 1 menit 31,195 detik. Dengan begitu, Zarco mematahkan rekor yang baru saja dibuatnya.

Satu prestasi lagi bagi Zarco adalah dia menjadi pembalap Perancis kedua yang meraih pole position di laga kandang. Sebelumnya, ada nama Christian Sarron yang  melakukannya lebih dulu pada tahun 1988 silam.

"Saya tidak menyangka dan terkejut saat membaca lap time. Keluar sebagai yang pertama sangat bagus dan ban baru ini memberikan pengaruh lebih. Kita lihat besok, apakah ini cukup untuk membawa kemenangan," kata Zarco usai kualifikasi.

Di sisi lain, Marquez yang masih mendapatkan kesempatan mencoba untuk memangkas selisih waktu. Akan tetapi, pembalap Repsol Honda ini tidak berhasil dan harus puas start kedua dengan selisih 0,108 detik.

Sementara itu, Petrucci memberi kejutan setelah mampu menempatkan diri di urutan ketiga. Disusul Iannone yang akan memulai balapan dari grid keempat, Andrea Dovizioso posisi kelima, Lorenzo di posisi enam dan Jack Miller di grid tujuh.

Sedangkan duet Movistar Yamaha yaitu Maverick Vinales dan Valentino Rossi tersingkir dari perebutan grid terdepan setelah hanya bisa mengisi grid delapan dan sembilan serta Dani Pedrosa di urutan 10.

Sebagai informasi, sebagian besar pembalap di kualifikasi termasuk Zarco memanfaatkan kombinasi ban soft. Hanya beberapa pembalap saja yang memadukan ban berkompon medium-soft (depan-belakang) seperti Marquez dan Rossi. [Ary/Ari]


Komentar