Zarco Disebut Bisa Langsung Melesat dengan KTM Share this
MotoGP
Mode baca

Zarco Disebut Bisa Langsung Melesat dengan KTM

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 18 Mei 2018

MAINE - Johann Zarco disebut Pol Espargaro bisa beradaptasi cepat dengan KTM RC16, bahkan sejak pertama kali mengendarainya di tes pramusim.

Zarco sudah memutuskan bergabung dengan tim KTM Factory Racing, mulai MotoGP 2019. Meski sempat dibujuk tim Honda, pembalap asal Perancis ini tak bergeming dan tetap memilih brand yang sudah membesarkannya lewat Red Bull Rookies Cup (balapan OMR KTM).

Keputusan Zarco ke KTM pun disambut positif oleh Pol Espargaro. Seperti diketahui, pembalap Spanyol itu akan menjadi rekan setim Zarco setelah menyepakati kontrak 2 tahun (2019-2020) lagi.

Pol mengatakan proses adaptasi Zarco dengan motor KTM akan lebih mudah. Apalagi, kondisi motor mereka saat ini sudah lebih baik ketimbang pertama kali terjun di MotoGP.

"Zarco punya talenta luar biasa. Dia akan beradaptasi dengan sangat cepat dan bahkan langsung bisa cepat di hari pertama bersama KTM di Valencia (tes pramusim) nanti," kata Pol.

Pol menyebut saat ini sangat memungkinkan bagi Zarco untuk mengandarai KTM RC16 dengan gayanya. Menurut dia itu lantaran pengembangan kuda besi KTM masih sangat terbuka. Pol juga mengaku belum ada patokan yang ditetapkan terkait gaya balap yang cocok untuk RC16 tersebut.

"KTM adalah motor yang menuntut kamu mengendarainya dengan agresif. Tapi, bukan berarti kamu tidak bisa membuat lap time bagus dengan gaya balap lembut. Maksudnya, Bradley dan Mika lebih smooth dari saya dan mereka bisa cepat," ujar Pol.

Pol menyatakan pengembangan motor mereka akan terlihat dari seberapa cepat dia di lintasan. Tentunya hal itu juga harus diikuti oleh bagaimana setiap pembalap mengadaptasi kuda besi masing-masing.

"Ketika sebuah motor cepat dan semakin cepat, pasti akan lebih sulit dikendarai. Untuk mengendarainya juga harus menyesuaikan keinginan motor. Tapi, saya pikir sekarang masih sangat terbuka," tutupnya. [Ary/Ari]


Komentar