Yuk Lihat Proses Pembuatan Warna Mobil Share this

Yuk Lihat Proses Pembuatan Warna Mobil

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 23 Januari 2018

MARTORELL - SEAT membutuhkan waktu selama 3 tahun untuk melakukan riset pasar sebelum menciptakan warna baru.

Warna merupakan salah satu aspek penting pada proses produksi mobil yang membutuhkan waktu lebih lama. Hal tersebut terjadi karena dibutuhkan riset pasar terlebih dahulu yang kemudian disesuaikan dengan trend dan karakter yang ingin dihadirkan.

SEAT selaku salah satu produsen mobil asal Spanyol membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun untuk membuat warna baru. Selain itu, divisi Color&Trim SEAT juga membutuhkan 1.000 liter warna untuk bereksperimen dalam menciptakan warna baru.

Proses pembuatan warna baru dilakukan di laboratorium khusus guna menghadirkan warna yang sesuai dengan karakter mobil dan selera konsumen.

“Kami menggabungkan 50 pigmen berbeda dan beragam partikel logam. Kami telah menciptakan kurang lebih 100 variasi dari satu warna untuk menentukan warna yang paling cocok. Warna akan semakin canggih seiring waktu dan permintaan konsumen akan terus berkembang,” tutur Carol Gomez, Color&Trim Designer SEAT.

Setelah warna tersebut terbentuk, divisi Color&Trim juga harus melakukan uji coba terlebih dahulu ketika cat bertemu dengan body mobil. Jika warna tersebut sesuai dengan keinginan dan mampu menghadirkan efek visual yang cocok, maka dapat digunakan untuk proses produksi.

Pada proses pengecatan, tim Color&Trim SEAT menggunakan bantuan 84 robot yang bekerja dengan suhu ruangan 21o celsius dan 25celsius. Proses pengecatan ini membutuhkan 2,5 kg cat dan 6 jam pengerjaan untuk setiap satu unit mobil.

Ruang pengecatan ini juga telah dilengkapi dengan sistem ventilasi yang sesuai standar internasional. Setelah proses pengecatan, body mobil akan masuk ke ruangan dengan suhu 140o celsius untuk membuat cat menyatu rata dengan body.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 43 detik di ruangan panas tersebut, tim Color&Trim kembali melakukan pengecekan kualitas warna. Setelah cat berhasil menyatu dengan body secara sempurna dan warna tidak mengalami ubahan, maka warna tersebut telah sah untuk dapat ditawarkan kepada konsumen.

Pilihan warna yang beragam tersebut kini dihadirkan pada model Arona di mana memiliki 68 pilihan warna kombinasi yang dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Penasaran? Saksikan videonya di atas. [Amo/Ari]


Komentar