Yaris Pickup Tampil Antimainstream Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Yaris Pickup Tampil Antimainstream

Ary Dwinoviansyah
pada 02 April 2019

PLANO — Selain model hatchback, Toyota Yaris 2020 juga tampil antimainstream melalui wujud sebuah pickup bernama Yaris Adventure. 

Baru saja Toyota mengejutkan khalayak melalui sosok Yaris 2020. Tentu saja karena generasi baru Yaris yang sekarang menggunakan basis Mazda2. Meski sekilas terlihat sama, tapi Toyota mempunyai ciri khas di mana Yaris punya tampang layaknya seekor bulldog. 

Hatchback ini pun rencananya akan dipamerkan terlebih dulu di pameran New York International Auto Show 2019. Namun, Toyota tidak hanya menjadikan Toyota Yaris 2020 ini sebagai bintang utama. Pasalnya, mereka juga sudah menyiapkan produk serupa dalam wujud sangat berbeda yaitu pickup.  

Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap 60 tahun kiprah Toyota memproduksi truk. Namun, Tentu saja Yaris pickup punya penawaran berbeda dibanding truk yang dikenal bertubuh tambun juga punya ground clearance tinggi. 

Meski begitu, Toyota tetap coba mengakomodasinya dengan menghadirkan kabin untuk dua orang (pengemudi dan penumpang) dengan ruang tambahan di bagian belakang jok. Selanjutnya, kabin baris kedua ditanggalkan dan berubah fungsi menjadi pickup. 

Sementara pada bagian eksterior, Toyota Yaris Adventure mendapatkan sedikit ubahan, mulai dari pengaplikasian lip guard sebagai pelindung ekstra grille, pelindung roda hingga penambahan lampu atap untuk menunjang peruntukkan luar ruang. 

Sama seperti versi aslinya, Yaris pickup juga dibekali mesin 4-silinder berkapasitas 1.500 cc. Tenaga yang dihasilkannya adalah 105 hp dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Selain itu, berbagai perangkat keselamatan kian memperkaya pickup mungil ini. Mulai dari Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Brake Override System (BOS) hingga sistem bantuan pengemudi Low-speed Pre-collision Safety System. 

"Toyota sangat bersemangat untuk melakukan debut terahadap produk yang belum pernah dilihat ini. Kami secara konstan mendengarkan para konsumen kami sekaligus bereaksi kepada pasar," tulis keterangan rilis Toyota America. [Ary/Idr]


Komentar