Yamaha YZF-R6 20th Anniversary Edition Tampil Memesona Share this
Motor Baru
Mode baca

Yamaha YZF-R6 20th Anniversary Edition Tampil Memesona

Denny Basudewa
pada 6 hari yang lalu

Foto: Yamaha YZF-R6 20th Anniversary Edition

TOKYO – Yamaha membuka selubung YZF-R6 20th Anniversary Edition dalam acara temu kangen komunitas para pemilik motor sport tersebut di Sugo, Jepang.

Motor yang menjadi jagoan di kejuaraan balap supersport tersebut, tampil dengan menggunakan grafis saat pertama kalinya hadir di dunia. Warna merah menyalak berpadu bersama kelir putih dan hitam yang membuatnya tampak lebih sangar.

Yamaha YZF-R6 pertama kali hadir pada 1998 dan diproyeksikan untuk mengacak-acak dominasi Honda CBR600F. Kuda besi yang dikembangkan dengan mengandalkan rangka alumunium dan diklaim memiliki kekuatan mesin hingga 120 hp pada 13.000 rpm, cukup mencengangkan kala itu.

Motor ini juga memiliki jarak sumbu roda paling pendek diantara para kompetitornya. Sehingga Yamaha YZF-R6 bisa lebih lincah di jalanan berkelok. Bobot kendaraan dalam keadaan kosong hanya mencapai 169 kilogram. Dengan segala keunggulannya, R6 langsung mendapat berbagai prestasi di dunia balap internasional.

Namun pada dua dekade setelahnya, Yamaha YZF-R6 mendapat revisi. Kendaraan jenis sport ini mengalami penyusutan tenaga menjadi 117 hp pada 14.500 rpm. Selain itu bobotnya juga bertambah berat menjadi 190 kilogram, dalam keadaan penuh bahan bakar.

Di Indonesia R6 generasi terbarunya saja belum beredar hingga saat ini. Pembatasan ekspor barang mewah ditenggarai menjadi salah satu pemicu lamanya kendaraan tersebut masuk ke Tanah Air.

Tidak banyak informasi yang disebarluaskan untuk R6 edisi ulang tahun ke-20. Detail yang bisa disampaikan pada motor ini hanyalah tampilannya saat ini yang lebih menarik untuk dilihat. Detailnya dapat Anda simak pada video yang diunggah laman asal Jepang di bawah ini. [Dew/Ari]
 

 


Komentar