Yamaha YZF-R6 2017 Memiliki DNA Balap Share this
Motor Baru
Mode baca

Yamaha YZF-R6 2017 Memiliki DNA Balap

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 14 Oktober 2016

FLORIDA - Teka-teki Yamaha YZF-R6 2017 akhirnya terungkap. Yamaha melucurkan YZF-R6 model baru di Amerika Utara, dalam gelaran AIM Expo (American International Motorcycle Expo) di Florida.

Klaim Yamaha, model barunya tak hanya mengandalkan mesin 600cc berperforma dan responsif, Yamaha YZF-R6 2017 juga menggoda dengan bahasa desain R-series yang sangat khas dan fitur-fitur penunjang.

Desain barunya sangat keren dan memenuhi persyaratan sebagai sepedamotor balap. Dalam pengembangannya, para desainer berupaya membuat tubuhnya selaras dengan aliran udara. Hal ini bisa terlihat pada sistem asupan udara di depan yang bergaya motor MotoGP, Yamaha YZR-M1.

Di bagian depan kita juga bisa melihat lampu LED. Ubahan-ubahan ini adalah improvement besar pertama sejak sembilan tahun lalu.

Yamaha YZF-R6 2017 Yamaha YZF-R6 2017

Sementara itu, pada jantung pacunya tersimpan mesin DOHC 600cc segaris 4-silinder 4-stroke fuel injection berteknologi forged piston berkencan dengan transmisi 6-speed. Mesinnya menggunakan bahan titanium inlet dan katup exhaust, selain menggunakan penutup dan blok mesin berbahan magnesium guna menurunkan bobotnya hingga 190kg.

Penggunaan material ringan tersebut kian sempurna ketika perusahaan otomotif berlogo Garpu Tala itu menyematkan rangka delta box dan swingarm berbahan aluminium, belum termasuk bahan magnesium pada sub-frame bagian belakang dan tangki bahan bakar berbahan aluminium yang bobotnya hanya 1,2kg.

Suspensi pada YZF-R6 2017 juga mendapat sentuhan baru. Di sektor depan berdiri tegak shock upside-down 43 mm, untuk menggantikan upside-down 41 mm model sebelumnya. Bagian belakang ikut berubah lebih kaku agar meningkatkan gaya bermanuvernya.

Sepedamotor yang berperforma umumnya menggunakan fitur keselamatan seperti motor balap, untuk itu fitur standar yang tersimpan adalah ABS dan TCS (Traction Control System). Fitur tambahan lain adalah Quick Shift System (QSS). Fitur ini memungkinkan perpindahan gigi lebih cepat dan halus.

Yamaha YZF-R6 model baru telah menyajikan tachometer analog dan LCD panel, yang memberikan informasi kecepatan, kerja traction control dan status ABS. Panel instrumen tersebut memastikan akan meningkatkan pengalaman berkendara Anda. [Ikh]


Komentar