Yamaha Tingkatkan Pelayanan Dealer Share this
Workshop
Mode baca

Yamaha Tingkatkan Pelayanan Dealer

Denny Basudewa
pada 25 April 2017

JAKARTA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengupayakan agar dealer-dealer Yamaha mengutamakan kepuasan konsumen.

YIMM pun tak berkeberatan akan memberikan sanksi jika ada dealer kedapatan "main mata" dengan pihak leasing. Dalam hal ini dalam melakukan pembelian sepedamotor Yamaha N-Max yang sejak diluncurkan terus diminati oleh konsumen dalam negeri.

Sejak diluncurkan pada 2015, skutik berbodi gambot tersebut terus menjadi primadona. Seiring dengan laris manisnya produk andalan mereka tersebut, banyak konsumen yang mengaku masih sulit mendapatkan unit terlaris dari produsen berlambang Garpu Tala ini.

Beberapa calon konsumen mengeluhkan beberapa sales Yamaha yang lebih mengutamakan pembeli dengan skema pembayaran kredit. Hal ini membuat pelanggan semakin kesulitan mendapatkan unit kendaraan yang diinginkan.

Menanggapi permasalahan ini, Dyonisius Beti selaku Vice President Director PT YIMM menyatakan, bahwa tindakan oknum sales tersebut menyalahi aturan. Menurut pria berkacamata tersebut, pihaknya dapat melakukan proses hukum terhadap dealer.

“Sebenarnya kasus ini jelas salah, karena standar pelayanan kita ke setiap konsumen sama. Ini oknum (yang mengarahkan pembelian kredit). Dari leasing sendiri yang menawarkan adalah oknum dan buat yang melakukan hal tersebut, kami bisa melakukan tindakan hukum. Paling tidak sanksi indisipliner pada diler yang bersangutan karena kami tidak bisa menegur sales langsung,” ungkap pria akrab disapa Dion.

Dikatakannya, bahwa konsumen yang mengalami kesulitan dalam mendapatkan unit Yamaha N-Max, dapat melaporkan pada call center Yamaha. Namun, konsumen diharapkan menyertakan identitas diri dan sales asal dealer.

“Konsumen yang dipersulit dapat melaporkan ke Yamaha, kita punya call center yang nanti akan menelusuri setiap kejadian. Bisa juga melalui email, jika tidak mendapat respon bisa komplain lewat media karena sekaraang kan jamannya sudah canggih,” jelasnya kemudian.

Dirinya menjelaskan bahwa pihaknya memiliki standar pelayanan flagship shop di seluruh dealer resmi Yamaha di Indonesia. Dikatakan Dion jika inden panjang tidak akan terjadi jika bukan produk baru. Umumnya di Yamaha batas inden setiap produk maksimal hanya satu bulan.

“Yang pasti standar pelayanan kami itu flagship shop di dealer resmi Yamaha seluruh Indonesia. Produk Yamaha tidak akan inden kalau bukan produk baru dan maksimum konsumen hanya perlu menunggu maksimal satu bulan,” tutur Dion.

Menilik website resmi Yamaha Indonesia, untuk call center yang tertera, bisa menghubungi 021-24575555 atau 021-4616995 atau sms di 08111080090 dan email contact_center@yamaha-motor.co.id. [Dew/Ikh]


Komentar