Yamaha Ingin Melahirkan Pembalap Seperti Galang Hendra Share this
Balap Lain
Mode baca

Yamaha Ingin Melahirkan Pembalap Seperti Galang Hendra

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 09 April 2018

BOGOR - Yamaha Indonesia ingin ada lebih banyak Galang Hendra yang lahir dari pembibitan mereka, salah satunya melalui balap All New R15 Idemitsu Junior Pro di Yamaha Sunday Race (YSR) 2018.

Galang menjadi salah satu bukti nyata bahwa Yamaha Indonesia bisa membawa pembalap Indonesia berkiprah di balap internasional. Setelah melalui berbagai tahap penjenjangan, Galang akhirnya bisa bersaing di level Eropa melalui kejuaraan WSBK kelas World Supersport 300 (WSSP300).

Atas dasar itu pula, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ingin memberikan kontribusinya lagi untuk para rider Tanah Air. Hal tersebut mulai diperlihatkan tahun ini. Kelas All New R15 Idemitsu Junior Pro di YSR merupakan awal dari pembibitan Yamaha kepada pembalap muda Tanah Air.

Sementara basis motornya (Yamaha YZF-R15) adalah motorsport dan itu berarti Yamaha tidak ingin berlama-lama membiarkan mereka balapan dengan motor underbone. M Abidin, GM Motorsport & Aftersales PT YIMM juga mengatakan ini dilakukan untuk membiasakan mereka basis motor tersebut.

Aldy Satya Mahendra, adik dari Galang Hendra menjuarai bal All New R15 Idemitsu Junior Pro di YSR seri 1 2018.

"Kami meminta langsung kepada sekolah-sekolah balap yang ada untuk menyertakan pembalap mudanya. Ini penting untuk menambah jam terbang mereka," ujar Abidin

Abidin mengakui bahwa pembalap yang berprestasi dari kelas ini berkesempatan direkrut Yamaha Racing Indonesia. Meskipun banyak faktor yang harus dinilai.

"Kami ingin ada lebih banyak Galang Hendra lagi. Nantinya Yamaha akan melihat secara keseluruhan tidak hanya skill, tapi juga improvement dari pembalap itu dan tidak menutup kemungkinan adanya percepatan," terangnya.

Dikatakan Abidin, idealnya para pembalap ini punya skill cukup menunggangi motorsport maksimal dalam waktu 3 tahun. Selain itu, Pembinaan sejak dini melalui kompetisi balap One Make Race YCR (Yamaha Cup Race), YSR (Yamaha Sunday Race), YRA (Yamaha Riding Academy) dan di kombinasi dengan Motoprix dan IRS serta mengirimkan pembalap muda berprestasi ke VR46 Academy adalah program yang terarah dan realistis.[Ary/Ari]


Komentar