Yamaha Endurance Festival akan Digelar September 2019 Share this
Berita Motor
Mode baca

Yamaha Endurance Festival akan Digelar September 2019

Helmi  Reinaldi
pada 29 Juli 2019

Foto: Yamaha Endurance Festival 2019

BOGOR - Yamaha Motor Indonesia siap kembali  menggelar Yamaha Endurance Festival (YEF) pada 14 - 15 September 2019.

Rencana hadirnya ajang Yamaha Endurance Festival diumumkan disela-sela berlangsungnya event Yamaha Sunday Race (YSR) putaran ke-2, di Sentul International Circuit, Bogor, pada Minggu (28/7).

“Tahun lalu, YIMM sukses menjadi produsen sepeda motor pertama yang menggelar balap ketahanan di Indonesia. Tahun ini, kami berkomitmen untuk kembali menggelar Yamaha Endurance Festival bagi para konsumen dan pecinta balap di tanah air,” ujar Toshiaki Maeda, Deputy Director CS Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Pada tahun kedua penyelenggaraan Yamaha Endurance Festival akan ada regulasi yang berbeda. Jika tahun lalu durasi balap hanya berlangsung satu sampai dengan satu setengah jam, kini telah ditambah menjadi 2 jam dan berlaku untuk semua kelas.

Adapun kelas yang diperlombakan meliputi Profesional & Community 250 yang menggunakan motor YZF-R25, serta kelas Community 155 dengan mengandalkan motor YZF-R15. 

Menariknya, di kategori Community 155, Yamaha Indonesia turut membuka kelas khusus bagi awak media nasional. Dengan ini rekan-rekan media bisa ikut merasakan sensasi balap ketahanan pertama di Indonesia.

Mengenai komposisi tim balapnya sendiri, 1 tim akan terdiri dari 2 sampai dengan 3 rider yang akan menggunakan 1 motor untuk membalap selama 2 jam. Disediakan juga 2 mekanik ahli untuk setiap tim.

Sementara itu, untuk prosedur start masih tetap mempertahankan gaya Le Mans yang unik, di mana rider harus berlari terlebih dahulu menuju motor yang terparkir rapih di seberang lintasan sirkuit untuk mengawali jalannya balapan.

Selain menggelar balap ketahanan, Yamaha Endurance Festival juga akan diramaikan dengan festival kuliner, kids play ground, relax booth, carnival games, fun walk, serta folk competition. [Hlm/Idr]


Komentar