Yamaha Buka Museum di Belanda Share this
Berita Motor
Mode baca

Yamaha Buka Museum di Belanda

Denny Basudewa
pada 08 Oktober 2019

Foto: Yamaha Motor Collection Hall

AMSTERDAM – Yamaha Motor Collection Hall menyimpan banyak kendaraan-kendaraan bersejarah.

Diresmikan pada 25 September 2019, Yamaha menjadi pabrikan motor Jepang pertama yang mendirikan museum di luar Jepang. Berbagai model motor berlambang Garpu Tala hingga beragam piala dan penghargaan turut hadir di Yamaha Motor Collection Hall.

Meskipun dinamakan sebagai museum, namun jangan harap Anda bisa berkunjung dan melihat-lihat di dalamnya. Tempat ini juga dipastikan tidak akan mengijinkan anak sekolah study tour ke dalam museum.

Mungkin lebih tepatnya fasilitas ini lebih seperti gudangnya para boss berkocek tebal. Yamaha berjanji bahwa koleksi di dalam tempat itu, bisa dilihat pada acara-acara penting di Eropa. Bahkan Presiden Yamaha Eropa mengatakan bahwa fasilitas ini merupakan ruang untuk menginspirasi para mekanik dan desainer mereka.

Koleksi Yamaha Motor Collection Hall, antara lain meliputi YZE750 Stephane Peterhansel yang memenangkan Dakar pada 1991, YZ450F Stefan Everts juara Motorcross World Championship 2006 dan yang paling menarik adalah tunggangan Ben Spies, pengantar juara World Superbike Championship 2009 dengan R1.

Selain kendaraan-kendaraan pengantar para pembalap dalam merebut gelar juara dunia. Yamaha juga menempatkan motor-motor yang memiliki sejarah panjang di luar arena balap.

Sebenarnya yang dinantikan oleh para penggila sepedamotor, kesempatan untuk melihat langsung koleksi dari museum itu sendiri. Namun seperti disebutkan di atas bahwa museum ini tidak mengijinkan sembarangan orang masuk. [Dew/Idr]


Komentar