Winglet Ciri Khas MotoGP Kini Populer Digunakan di Moge Share this
Aksesoris
Mode baca

Winglet Ciri Khas MotoGP Kini Populer Digunakan di Moge

Denny Basudewa
pada 09 Oktober 2018

Foto: WInglet Puig pada Suzuki GSX-R1000R

BARCELONA – Winglet yang semakin populer di kejuaraan MotoGP, kini mulai mewabah pada moge (motor gede) yang dijual bebas di pasaran.

Benda kecil yang erat kaitannya dengan aerodinamis kendaraan, memang memberikan cukup banyak manfaat. Terbukti hampir semua tim MotoGP beradu kreativitas dalam merancang winglet pada motornya masing-masing.

Hal ini kemudian mewabah hingga ke tingkat konsumen. Penggunaan winglet kini digemari oleh para pemilik motor besar (moge) jenis superbike. Meskipun kendaraan tersebut tidak digunakan untuk kondisi balap sehari-hari, namun tetap saja diminati.

Winglet sendiri tidak ditawarkan oleh semua produsen sepedamotor. Meskipun ada Aprilia yang menawarkan RSV4 edisi spesial dengan menggunakan sayap kecil tersebut. Namun sebagian besar komponen ini ditawarkan di pasar aftermarket.

Adalah Puig yang merupakan produsen komponen sparepart sepedamotor berkualitas tinggi yang menawarkan winglet. Perusahaan asal Barcelona, Catalan ini dikenal sebagai merek otomotif berkelas dan menunjang performa kendaraan.

Winglet Winglet Puig pada Kawasaki Ninja ZX-10R

Mereka merancang winglet untuk beberapa merek motor berjenis superbike seperti BMW S1000RR, Kawasaki ZX-10R, ZX-10R SE, ZX-10RR, Honda CBR1000RR Fireblade, SP, SP2, Suzuki GSX-R1000 dan Yamaha YZF-R1 maupun R1M.

Perangkat yang ditawarkan Puig sendiri dikatakan dapat memberikan daya tekan berbeda-beda pada setiap merek motor. Secara teori, benda mungil ini mampu menjaga ban depan tetap berada di aspal saat kendaraan melakukan akselerasi.

Artinya dengan menggunakan winget buatan Puig, akselerasi motor menjadi lebih baik dan cepat. Desainnya juga diklaim simpel dan mudah untuk pemasangan. Disebutkan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit untuk pemasangan. [Dew/Ari]


Komentar