Waze Ajak Penggunanya Menginformasi Situasi Jalan Share this
Berita Mobil
Mode baca

Waze Ajak Penggunanya Menginformasi Situasi Jalan

Ahmad  Richad
oleh Ahmad Richad
pada 19 November 2019

JAKARTA – Melalui aplikasi navigasi lalu lintas berbasis komunitas terbesar di dunia, Waze, kita bisa mendulang pahala dengan menjadi pahlawan dengan menginformasi keadaan jalan di sekitar kita, apakah ada kecelakan, kemacetan atau hal lainya.

Setiap hari, para Wazers (sebutan untuk para pengguna Waze) yang berkendara di jalan mengirimkan laporan pembaruan secara real-time pada aplikasi Waze, guna memberi tahu situasi jalan seperti kemacetan yang parah, kecelakaan lalu lintas, dan hambatan lainnya sehingga pengemudi lain yang berada atau ingin melewati jalur tersebut dapat mengetahui dan merencanakan rute yang lebih baik.

“Saya mulai menggunakan Aplikasi Waze saat menuju ke kantor. Ketika itu, saya belajar cara mengedit dan memperbarui detail lokasi di Waze, tentang kemacetan yang saya alami, namun di luar dugaan, saya mendapatkan umpan-balik dari komunitas Wazer lokal bahwa laporan pembaruan secara real-time ini telah membantu para pengemudi lain di jalan.  Saya bangga bisa membantu memberikan navigasi yang lebih baik, dengan saling berbagi informasi tentang kondisi lalu lintas,” kata Christian Iskandar, map editor Waze Indonesia.

Ketika Indonesia merayakan Hari Pahlawan Nasional pada 10 November 2019, Marlin R Siahaan, Country Manager Waze Indonesia, menjelaskan bahwa setiap orang dapat menjadi pahlawan di masa kini.

“Pahlawan dapat didefinisikan sebagai individu yang mengekspresikan kepedulian terhadap orang lain, membantu orang lain, dan berkontribusi bagi kesejahteraan umat manusia. Menginformasikan pengemudi lain melalui aplikasi Waze tentang kondisi jalan yang bermasalah seperti kecelakaan, kemacetan, dan banjir akan bermanfaat tidak hanya bagi mereka yang berada di jalan, tetapi juga masyarakat sekitarnya," kata Marlin

Hingga saat ini, Waze telah mengalami pertumbuhan pengguna yang signifikan, untuk di Indonesia sendiri ada lebih dari 3 juta pengguna aktif setiap bulanya, dan lebih dari 130 juta pengguna aktif setiap bulan di seluruh dunia.[Ric/Idr]


Komentar