Waduh Penjualan Honda BR-V Merosot Tajam, Rush Melejit Share this
Berita Mobil
Mode baca

Waduh Penjualan Honda BR-V Merosot Tajam, Rush Melejit

Denny Basudewa
pada 22 Maret 2019

Foto: Honda BR-V

JAKARTA – Penjualan Honda BR-V semakin tertekan oleh kompetitornya yakni all-new Toyota Rush dan Daihatsu terios.

Berdasarkan data dari Gaikindo, penjualan Honda BR-V pada Februari 2019 hanya sebanyak 2 unit dari empat varian yang ditawarkan pada konsumen. Hasil yang dibukukan oleh BR-V berbanding terbalik dengan Rush dan Terios.

Kedua kompetitor BR-V tersebut mencatat kenaikan penjualan pada waktu yang sama. All-new Toyota Rush dilaporkan telah terjual sebanyak 4.341 unit. Sementara saudara kembarnya yakni all-new Daihatsu Terios menjadi pilihan dari 2.101 konsumen.

Hasil ini tidak terlalu mengejutkan sebenarnya. Dikarenakan Toyota Rush dan Terios berganti generasi sejak 2018. 

Di balik itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) hingga saat ini belum melakukan penyegaran berarti pada BR-V. Beberapa sentuhan minimalis tidak cukup untuk mengerek jumlah penjualan mobil yang dikembangkan dari Mobilio ini.

“Kami memang tidak bisa pungkiri kalau BR-V sudah lama tidak mengalami penyegaran, empat sampai lima tahun ada penurunan pada model BR-V,” ucap Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Director HPM.

Menurutnya persaingan antara BR-V dan kompetitornya di kelas Low Sport Utility Vehicle (SUV) ibarat pertarungan tinju beda umur jauh. Ia mengatakan bahwa pihaknya akan memperbaharui tampilan produknya tersebut. Namun Jonfis tidak mengungkapkan kapan unit tersebut akan diperkenalkan di Tanah Air.

“Sekarang gini saja, misalkan bermain tinju, BR-V sudah 40 tahun harus bertarung dengan petinju berumur 20 tahun. Hal yang tidak mungkin, bukan?" cetusnya kemudian. [Dew/Idr]


Komentar