VW Pamer Desain Tiguan 2022, Lebih Berkarisma Share this
Berita Mobil
Mode baca

VW Pamer Desain Tiguan 2022, Lebih Berkarisma

Ahmad  Richad
pada 22 April 2020

WOLFSBURG - Saat ini Volkswagen (VW) diketahui tengah menyiapkan peluncuran Tiguan generasi berikutnya. Model ini diketahui akan mengalami pembaruan mulai dari segi desain hingga ke bagian mesin.

Generasi I Tiguan yang diluncurkan dpada 2007 mengalami facelift substansial pada 2011, dengan lampu depan baru yang unik dan desain bumper yang terbelah antara tubuh luar dan samping. Namun untuk versi terbaru nanti SUV compact tersebut akan memiliki desain yang terinspirasi dari VW Golf Mk8.

Generasi II Tiguan diluncurkan pada 2016 dan menggunakan platform  Modular Transverse Toolkit (MQB). Pada 2017 disegarkan dan bahkan muncul versi wheelbase lebih panjang 4,3 inch untuk 7-penumpang. 

Jika melihat dari segi bentuk generasi berikutnya, kemungkinan VW Tiguan baru akan memiliki grille lebih compact dengan desain lampu depan Matrix LED, dan bumper  berbeda dibandingkan model-model sebelumnya.

Sementara untuk di bagian belakangnya dari gambar yang bocor beberapa hari lalu, VW Tiguan dipastikan akan menggunakan desain lampu baru, dengan bumper yang telah direvisi dan emblem tertulis dengan huruf besar di bagian tengah.

Volkswagen baru-baru ini mengonfirmasi bahwa mesin plug-in hybrid Tiguan akan debut pada akhir tahun ini. Powertrain ini sama dengan model VW Group lainnya, yang terdiri dari turbo 1,4 liter dan motor listrik walaupun outputnya bisa mencapai antara 197 hingga 242 HP.

Sebagai informasi, SUV Tiguan merupakan produk terlaris Volkswagen dengan angka penjualan mencapai enam juta unit. Dan pada tahun 2019 lalu total produksi Tiguan sudah mencapai 910.926 unit. VW mengklaim setidaknya ada satu unit Tiguan keluar dari pabrik per 35 detik. 

Volkswagen juga mengatakan bahwa SUV Tiguan mereka berhasil mengambil porsi 80 persen dari total penjualan VW di seluruh dunia. Prestasi Tiguan ini bahkan mengalahkan mobil ikonik VW Golf, dan menjadi satu dari tiga Sport Utility Vehicle (SUV) terpopuler di dunia.

VW menyatakan akan meluncurkan new Tiguan di akhir 2020. [Ric/Idr]


Komentar