VW ID Roomzz Concept Menyengat di Shanghai Share this
Mobil Konsep
Mode baca

VW ID Roomzz Concept Menyengat di Shanghai

Denny Basudewa
pada 5 hari yang lalu

Foto: ID Roomzz

SHANGHAI – Volkswagen menampilkan anggota baru ID yakni Roomzz sebagai SUV bertubuh bongsor di Shanghai Auto 2019.

ID Roomzz dikatakan merupakan sebuah SUV bertenaga listrik yang dimensinya mirip dengan Touareg dan Atlas. 

ID Roomzz dilahirkan sebagai SUV namun dengan tarikan garis atap kendaraan mirip sebuah coupe. Hal ini membuat kaca belakang hanya memiliki dimensi yang kecil. Bagian paling menarik di ID Roomzz adalah LED bar pada bagian depan maupun belakang yang menyatu, dari ujung kanan hingga kiri.

VW dikatakan menggunakan MEB platform dalam merancang ID Roomzz. Di dalamnya terdapat dua buah motor listrik yang diklaim mampu menghasilkan 302 hp. Sementara akselerasi kendaraan ini dari diam ke 100 km/jam hanya 6.6 detik saja.

“SUV ini seperti monolith, kendaraan ini tampak seperti sebuah blok mesin yang padat. Baterainya dapat memindahkan kendaraan tanpa suara dan emisi,” kata Klaus Bischoff, Chief Designer di Volkswagen.

Baterainya berkapasitas 82-kWh dan disebutkan mampu menempuh jarak 450 kilometer sekali charge. Hasil ini sedikit lebih banyak dari produk konsep sebelumnya yakni ID Crozz. Adapun guna mengisi ulang baterai dari kondisi kosong hingga 80 persen, hanya membutuhkan waktu 30 menit.

Masuk ke dalam kabin, VW ID Roomzz menampilkan dua buah layar sebagai panel instrumen dan infotainment. Alat kemudi kendaraan ini juga memiliki bentuk yang unik dan ditambah lagi dengan pedal gas serta rem bersimbol menarik.

Kendaraan ini menampilkan ruang kabin yang mewah dengan balutan kulit ditambah dengan ambient light. Dikatakan bahwa kendaraan ini dapat melaju secara otomatis (otonom) dan keempat joknya dapat diputar, sehingga penumpang di dalamnya dapat melakukan rapat kecil.

Volkswagen mengatakan ID Roomzz baru akan diproduksi dan mulai dipasarkan di China pada 2021. Tidak disebutkan pasar lain yang akan disasar oleh mobil listrik tersebut di atas. [Dew/Ari]


Komentar