VW Group Siap Jual Saham Traton SE untuk Hadirkan Pabrik Baterai Share this
Berita Mobil
Mode baca

VW Group Siap Jual Saham Traton SE untuk Hadirkan Pabrik Baterai

Denny Basudewa
pada 14 Mei 2019

Foto: Volkswagen AG

WOLFSBURG – Volkswagen AG telah mengambil keputusan penting untuk masa depan terkait elektrifikasi kendaraan.

Dewan pengawas dan Dewan Manajemen Volkswagen AG telah menyetujui, rencana Volkswagen Group untuk mendirikan fasilitas produksi sel baterai di Eropa. Namun Dewan Pengawas hanya menyetujui perusahaan untuk menggelontorkan dana di bawah 1 miliar Euro.

VW Group berencana untuk mendirikan pabrik sel baterai di Lower Saxony (Salzgitter). Namun fasilitas ini juga masuk ke dalam strategi mereka dalam mendirikan pabrik multibrand (kerjasama).

Guna mewujudkan upaya elektrifikasi tersebut, Volkswagen AG berniat untuk menawarkan saham perdana atau lebih akrab disebut IPO dari Traton SE (MAN dan Scania). Proses penawaran sendiri akan dilakukan sebelum musim panas 2019, dengan opsi usaha patungan, kemitraan atau penjualan sebagian maupun seluruhnya.

“Kami menyetujui keputusan strategis dari Volkswagen Group. Sebagai bagian dari serangan elektrifikasi komprehensif, kami berencana untuk mengamankan kapasitas baterai kami melalui kemitraan strategis,” ucap Hans Dieter Potsch, Ketua Dewan Pengawas Volkswagen AG.

Menurutnya industri otomotif saat ini tengah mengalami transformasi mendasar. Pihak VW Group menyatakan bahwa mereka akan bergerak maju dengan elektrifikasi dan digitalisasi. Sementara itu, mereka juga menyatakan akan membangun area bisnis yang inovatif untuk melayani mobilitas para konsumen.

Jika beberapa produsen kendaraan memilih China sebagai basis produksi sel baterai, VW Group memilih Eropa sebagai lokasi pabriknya. Pemilihan lokasi di Lower Saxony, Jerman, mendapat apresiasi dari Perdana Menteri wilayah yang kerap disebut Jerman Kecil.

“Keputusan dari Dewan Pengawas menandai terobosan untuk produksi sel baterai di Lower Saxony. Produksi sel baterai sangat penting untuk produsen otomotif dan ini merupakan sinyal positif untuk Salzgitter yang menjadi lokasinya. Saya sangat optimis bahwa sel baterai dapat diproduksi di Jerman dan sangat kompetitif,” kata Stephan Weil, Perdana Menteri Lower Saxony. [Dew/Idr]


Komentar