Volkswagen Budd-e: VW Kombi dari Masa Depan Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Volkswagen Budd-e: VW Kombi dari Masa Depan

Syubhan Akib
oleh Syubhan Akib
pada 06 Januari 2016

LAS VEGAS - Salah satu mobil legendaris milik Volkswagen adalah VW Kombi. Nah di masa depan akan ada Kombi versi listrik yang versi konsepnya mereka beri nama Volkswagen Budd-e. Inilah penerus VW Kombi yang kabarnya bakal diluncurkan di 2018.

VW Budd-e yang saat ini masih berupa mobil konsep itu diperlihatkan di Consumer Electronics Show di Las Vegas dan dikatakan sebagai pintu gerbang masa depan Volkswagen di segmen MPV.

Volkswagen Budd-e dengan energii dari baterai lithium-ion bisa berjalan 532 km sebelum harus diisi ulang. Jarak itu sama dengan jarak Jakarta-Semarang.

Bila baterainya habis, penggunanya hanya butuh waktu 30 menit ntuk mengisi 80 persen tenaga mobil ini.

Tapi jangan salah. Meski terlihat seperti VW Kombi kebanyakan, kekuatan mobil ini cukup besar. Berbekal dua motor listrik, tenaga total Volkswagen Budd-e mencapai 302 bhp dengan torsi 361 lb-ft.

Kekuatan itu pula yang pada akhirnya membuat VW Budd-e diklaim mampu berakselerasi dari 0-96 km/jam hanya dalam waktu 6,9 detik sebelum mencapai kecepatan tertinggi di angka 180 km/jam.

Dibangun di atas platform baru MEB (modularen elektrisch baukasten), Volkswagen Budd-e memiliki dimensi 4.597x1.940x1.835 mm dengan wheelbase 3.151 mm.

Desain eksteriornya mengambil banyak inspirasi dari mobil konsep terdahulu, Volkswagen Bulli yang pernah diperlihatkan pada 2011 dengan grille besar dan lampu depan sporty.

Ada satu kecanggilah lain mobil ini yakni aplikasi panel surya besar di atapnya.

Sementara di bagian dalam, nuansa canggih juga terasa berkat kehadiran instrumen cluster digital dan layar resulusi tinggi untuk internet dan fitur hiburan. Tiap kursinya bergaya layaknya kursi di lounge.

Apakah Volkswagen Budd-e benar-benar akan diproduksi? Kita lihat saja nanti. [Syu/Idr]


Komentar