Virus Pokemon Go Menghantui Pengemudi Share this
Berita Mobil
Mode baca

Virus Pokemon Go Menghantui Pengemudi

Denny Basudewa
pada 15 Juli 2016

Foto: Game Pokemon GO jangan dimainkan saat aktivitas mengemudi.

LONDON - Bermain game Pokemon Go memang asik. Banyak orang tak sadar kecanduan menangkap Pokemon di sejumlah tempat seperti jalan, pohon gedung, rumah dan lokasi lainnya.

Nah, keunikan game ini boleh dimainkan asal jangan dimainkan saat Anda berada di balik kemudi. Alasannya Pokemon Go menyebabkan buruknya kualitas berkendara, bahkan bisa menimbulkan kecelakaan.

Organisasi keselamatan lalu lintas Inggris IAM Roadsmart secara tegas melarang pengendara mobil Inggris bermain game ini saat aktivitas mengemudi berlangsung.

Memang game ini memang menuntut gamer untuk mencari Pikachu, Blastoise, Charizard, Mewtwo dan teman-temannya, namun ditakutkan memecah konsentrasi mengemudi menurut IAM Roadsmart.

Samson Ruwangu, IAM RoadSmart digital content executive mengatakan, "Anak-anak dan orang dewasa sama-sama akan 'gila' dengan permainan ini. Risikonya adalah bahwa beberapa orang akan bermain pada waktu yang salah seperti sambil mengemudi mobil adalah tempat terakhir untuk mencari Bulbasaur, Pikachu, Squirtle dan Charmander.

"Saya hampir kecanduan game ini. Pokemon Go membuat Anda berkonsentrasi pada penangkapan karakter-karakter di dalamnya dan dibutuhkan konsentrasi tangan dan mata."

Temuan terakhir bahwa delapan persen pengemudi mengaku mengemudi sambil menggunakan aplikasi video-panggilan seperti FaceTime dan Skype, atau meningkat 16 persen pada anak-anak usia 18-24 tahun.

Di samping itu sembilan persen pengemudi mengaku selfie saat mengemudi. Artinya meningkat 15 persen pada pengendara muda berusia 18-24 tahun dan 19 persen dari anak usia 25-35 tahun. Pria lebih banyak selfie daripada wanita. Lima persen perempuan mengaku telah selfie saat mengemudi semenetara pria sebesar 12 persen.

Pokemon GO menyuguhkan konsep Augmented-Reality. Memainkan game ini Anda harus bertualang ke berbagai lokasi di dunia nyata untuk mendapatkan Pokemon favorit Anda. Dan penampakan dari Pokemon yang Anda miliki hanya akan dapat dilihat melalui layar smartphone Anda.

Game Pokemon Go merupakan hasil kolaborasi antara Niantic dengan Nintendo. [Ikh/Ikh]


Komentar