Vinales Menang di Awal Debut Bersama Yamaha Share this
MotoGP
Mode baca

Vinales Menang di Awal Debut Bersama Yamaha

Muhammad Ikhsan
oleh Muhammad Ikhsan
pada 27 Maret 2017

Foto: Maverick Vinales Menangi MotoGP Qatar 2017

DOHA - Maverick Vinales berhasil memberikan kado spesial di debut pertamanya bersama Movistar Yamaha. Pembalap asal Spanyol itu berhasil menjadi pembalap tercepat pada MotoGP Qatar 2017 di Sirkuit Losail, Senin (27/3) pukul 02:23 WIB.

MotoGP Qatar 2017 sempat ditunda sekitar 40 menit lamanya akibat kondisi cuaca buruk menjelang balapan dimulai. Namun, kemudian race direction memastikan lintasan aman untuk digunakan oleh pembalap.

Johann Zarco, Pembalap Monster Yamaha Tech 3 langsung memimpin jalannya balapan selepas lampu hijau menyala. Ia diikuti Marc Marquez, Pembalap Repsol Honda dan Andrea Iannone, pembalap Suzuki Ecstar dan Andrea Dovizioso dari tim balap Ducati. Urutan keempat pembalap teratas tersebut berlangsung hingga 2 lap.

Di 17 lap terakhir Dovi berhasil menyalip Iannone. Rekan satu tim Jorge Lorenzo itu terus merangkak ke posisi dua atau mengasapi Marquez. Di lintasan agak basah, terlihat kejar-kejaran antara Dovi, Marquez dan Iannone.

Nasib kurang bagus dialami Zarco. Ia terjatuh di 14 lap terakhir. Dovi pun memimpin jalannya balapan diikuti Marquez, Iannone, Vinales dan Valentino Rossi. Sementara itu Zarco tidak bisa kembali ke lintasan.

Marquez terus mendapat tekanan dari Iannone yang ingin memperebutkan posisi kedua hingga sebelum Iannone terjatuh 10 lap terakhir. The Baby Alien mampu mempertahankan posisinya.

Vinales yang ingin memberikan kemenangan bagi Yamaha terus menekan sang juara MotoGP 2016. Tak seberapa lama, Vinales berhasil merebut posisi kedua dari Marquez dengan sangat mudah.

Setelah itu The Doctor -julukan Rossi- yang berada di belakang Vinales ikutan beruntung menyalip Marquez di 8 lap terakhir. Rossi memanfaatkan kelemahan rekan satu tim Dani Pedrosa itu yang agak melebar ke sisi kiri, dan Rossi menyalip dari sisi kanan dalam.

Pimpinan balapan sementara masih tetap dipegang Dovi yang diikuti Vinales, Rossi dan Marquez.

Pada akhirnya Vinales mampu menyalip Dovi di 7 lap terakhir. Saling salip terjadi antara kedua pembalap tersebut disaksikan langsung oleh Rossi. Vinales yang masih sangat muda itu terlihat memaksimalkan kemampuan dirinya guna memperebutkan posisi pertama.

Dan Dovi yang sangat berpengalaman menunggangi motor Ducati seakan tidak memberikan kesempatan pembalap berdarah Spanyol tersebut untuk memenangi perlombaan.

Hingga akhirnya di dua lap terakhir, Dovi tampak tak bisa lagi membendung kemampaun Vinales yang haus kemenangan. Vinales pun menyentuh garis finish lebih dahulu di depan Dovi dan rekan setimnya, Rossi. [Ikh]


Komentar