Vinales Bersiap Hadapi Balapan Hujan Share this
MotoGP
Mode baca

Vinales Bersiap Hadapi Balapan Hujan

Denny Basudewa
pada 01 Juli 2017

Foto: Maverick Vinales tengah menjalani sesi latihan bebas 2 MotoGP Jerman 2017

SACHSENRING – Maverick Vinales tengah mencari setingan yang tepat guna menghadapi balapan dengan kondisi hujan.

Pada sesi latihan bebas pertama, Vinales mampu tampil sebagai yang tercepat kedua setelah Andrea Dovizioso. Ia kembali tampil impresif dengan dukungan cuaca yang bersahabat (tidak hujan). Namun ketika hujan turun, posisinya melorot ke urutan 20.

Hal ini tentunya membuat pembalap 22 tahun ini merasa frustasi. Terlebih dirinya baru saja kehilangan posisi puncak klasemen, setelah mengalami insiden yang menyebabkan gagal finis di MotoGP Assen 2017.

“Latihan pada sore hari (FP2) tidak semulus pagi hari (FP1) karena kami belum bisa menemukan setingan yang tepat. Saya menderita pada saat trek diguyur hujan dan ini menjadi pekerjaan yang harus kami tuntaskan sebelum balapan dimulai,” ujar Vinales.

Vinales percaya bahwa Ia dan timnya mampu menyelesaikan masalah dengan melakukan beberapa percobaan. Menurutnya masih banyak potensi yang bisa dikembangkan sebelum lomba dimulai pada hari Minggu.

“Sachsenring merupakan salah satu sirkuit yang paling menantang bagi kami di MotoGP. Hari ini kami dihadapkan kepada rintangan baru di lintasan balap yakni permukaan aspal baru. Vinales sangat bagus saat kering namun ia menderita saat turun hujan. Kondisi yang berubah-ubah sehingga tidak bisa memastikan situasi saat balap,” ujar Massimo Meregalli, Manajer tim Movistar Yamaha.

Menurutnya, pembalap harus bisa menjelaskan dengan baik masalah yang dihadapi kepada kru mekanik. Hal ini dilakukan agar mampu mengembangkan motor sesuai dengan keinginan. Terlebih saat sirkuit diguyur hujan, pembalap dituntut untuk bisa menganalisa kesalahan [Dew/Ikh]


Komentar