First Drive Wuling Confero S ACT, Ngulik Transmisi ACT Share this
Mode baca

First Drive Wuling Confero S ACT, Ngulik Transmisi ACT

Amos Arya
pada 02 Mei 2019

JAKARTA - Wuling Confero S ACT yang baru saja diluncurkan punya sistem transmisi dengan cara kerja  unik.

Akhirnya Wuling Confero meluncurkan varian dengan transmisi otomatis. Namun ini memiliki perbedaan, ACT sejatinya adalah transmisi manual namun kinerjanya dibuat seperti transmisi otomatis berkat hadirnya e-clutch yang menggantikan peran kopling saat perpindahan gear.

Jadi saat berkendara, Anda hanya perlu melakukan perpindahan gear seperti layaknya mobil manual tanpa perlu menginjak perdal kopling, teknologi ini tentunya lebih meringankan dibandingkan transmisi manual. 

Beberapa orang menyebutkan cara kerjanya seperti gear pada motor bebek. Ya, rasanya hampir sama, namun Anda tidak bisa serta merta melakukan perlakuan seperti motor bebek yang kapan saja bisa shift up atau down. 

Pada Confero S ACT, ada peran ECU yang menjaga agar perpindahan gear sesuai dengan proporsinya. Jadi tidak benar-benar real time seperti motor bebek, tapi akan ada sedikit leg saat terjadinya sinkronisasi putaran mesin dengan transmisi.

Ini terjadi salah satunya tentu demi menjaga daya tahan mesin dan transmisi agar tidak mudah jebol jika digunakan sembarangan atau tanpa memperdulikan kaidah standar operasional penggunaan transmisi otomatis.

Berikut beberapa poin yang Otospirit.com dapatkan ketika mencoba Wuling Confero S ACT di area test Wuling Motors di Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Dan kali ini Mobil123.com didampingi oleh tim test drive Wuling Soni Susmana dari SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia). [Amo/Idr]


Komentar