Video Dyno Test Motor Listrik Gesits Share this
Video Motor
Mode baca

Video Dyno Test Motor Listrik Gesits

Denny Basudewa
pada 17 September 2016

JAKARTA – PT Garansindo Inter Global (GIG) mulai menguji motor listrik Gesits.

Sepedamotor besutan GIG dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut, tengah melakukan serangkaian tes sebelum diproduksi massal dan dijual kepada konsumen.

Dalam video diunggah oleh Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo di laman Facebook pribadinya, terungkap bahwa kemampuan Gesits menyamai skutik buatan Honda yakni Vario 125. Tampak pada hasil akhir tayangan, motor listrik ini memiliki tenaga maksimal sebesar 8,2 kw atau setara dengan 11 hp.

Kecepatan maksimum yang dihasilkan skuter listrik ini juga tidak main-main. Di atas mesin Dyno Test, motor ini mampu menorehkan kecepatan maksimal sebesar 99 kpj. Walhasil hal ini membuat sumringah pria yang akrab disapa Memet tersebut.

“Si Gesits lagi olahraga Treadmil...!! 100 persen power and throttle, 8,2 kw maks speed 99 kpj @ dyno test,” tulis Memet dalam akun Facebook pribadinya.

Jelang produksi masal, Gesits terus mengalami penyempurnaan. Jika sesuai target, GIG akan mulai memproduksi masal skuter listrik ini pada 2017, kemudian dipasarkan pada konsumen pada tahun berikutnya. Motor listrik ini diklaim mampu menempuh jarak 80-100 km dalam satu kali pengisian baterai.

Sementara untuk mengisi penuh baterai, kuda besi ini membutuhkan waktu paling lama 3 jam. Sebagai motor listrik pertama buatan Indonesia, Gesits akan menantang pasar global yang cukup seksi. Meskipun belum resmi diluncurkan, keberadaan produknya cukup mendapat perhatian hingga memunculkan pro dan kontrak di tengah masyarakat Indonesia.

Beberapa pihak menentang peredaran motor listrik ini. Kendati demikian, Memet optimistis skutik listrik ini akan sukses di Tanah Air. Bahkan beberapa waktu lalu, klaim Memet bahwa jumlah pemesan skuter listrik tersebut telah menyentuh angka 15 ribu.

Apakah Gesits benar-benar mampu bersaing di pasar lokal nantinya? Kita harus sabar menanti kemunculannya secara resmi. Semoga saja nantinya produk ini mampu membanggakan masyarakat Indonesia akan motor nasional. [Dew/Ikh]


Komentar