Versi Produksi VW CrossBlue Dijuluki Teramont Share this
Mobil Konsep
Mode baca

Versi Produksi VW CrossBlue Dijuluki Teramont

Amos Arya
oleh Amos Arya
pada 25 Agustus 2016

Foto: VW Teramont, versi produksi dari VW CrossBlue

BEIJING - Tiga tahun lalu, Volkswagen menampilkan CrossBlue concept di ajang Detroit Motor Show. Melihat potensi pasar yang cukup menggiurkan, pabrikan asal Jerman itu berencana memproduksi mobil ini.

Belum genap empat tahun konsep mobilnya dikenalkan sejak penampilan perdana di Amerika Serikat, diam-diam VW malah sudah memiliki model produksinya. Mobil keluarga yang ramah lingkungan menjadi fokus utama bagi VW untuk melahirkan model ini.

Versi produksi VW CrossBlue tertangkap kamera ketika tengah parkir di sebuah ruang tertutup. Tapi agak aneh ketika mobil ini berada di China dan bukan di negeri Paman Sam tempat debut pertamanya di dunia. Foto-foto SUV yang memiliki 3 baris kursi ini tersebar untuk pertama kali di dunia maya.

Diberitakan bahwa mobil ini menggunakan nama produksi VW Teramont. Fasia depan sangat mirip dengan CrossBlue concept seperti sama-sama mengaplikasi dua bilah list horizontal pada grille. Selain itu pada VW Teramont tersimpan headlaversmp yang mirip dengan versi konsepnya.

Agak melihat ke bagian bawah, VW Teramont juga menyajikan bahasa desain bumper depan yang mirip dengan CrossBlue, tebal dan berkarakter. Perbedaan hanya pada foglamp. Teramont menyajikan lampu penerang dalam kabut sementara mobil konsepnya cuma menampilkan dua lubang bertingkat.

VW Teramont Interior VW Teramont

Besar kemungkinan mobil Teramont akan menggunakan MQB platform atau berbagi platform dengan Skoda Kodiaq yang akan debut di Berlin pada 1 September. Keduanya sama-sama mobil keluarga 7-seater dengan panjang 4.986mm.

Spesifikasi ini jelas bahwa lebih besar dari VW Touareg. Belum ada kabar jantung penggerak untuk Teramont. Diduga akan menyimpan teknologi hybrid bermesin bensin 2.0-liter TSI atau mesin diesel TDI. Lebih menarik lagi ketika disebut-sebut akan menyuguhkan varian teratas dengan gudang mesin konfigurasi V6 3.6-liter.

VW Teramont akan diproduksi oleh Volkswagen Group of America di Chattanooga plant, Tennessee, AS. Sementara itu di luar AS, mobil akan diproduksi perusahaan join venture SAIC Volkswagen di China. Guna meyakinkan konsumen Teramont akan debut dunia di LA Auto Show, berlangsung November 2016. [Ikh/Ikh]


Komentar