Varsovia, Sedan Listrik Mewah Asal Polandia Share this
Berita Motor
Mode baca

Varsovia, Sedan Listrik Mewah Asal Polandia

Adi Hidayat
pada 06 September 2016

Foto: Mobil listrik Varsovia

WARSAWA - Varsovia Motor Company, perusahaan otomotif berbasis di Polandia mengenalkan mobil listrik konsep berdesain futuristik. Mobil ramah lingkungan ini sendiri dijuluki Varsovia atau nama lain dari Ibu Kota Polandia, Warsawa.

Varsovia memiliki desain eksterior tak biasa dari hasil tangan dingin Kadler design studio. Tujuan utama desainer dan VMC sendiri menciptakan sebuah mobil eksklusif, fungsional yang jelas melebihi merek mobil lain.

Dalam proses pembuatannya, Varsovia menyuguhkan sedan listrik dan dilengkapi berbagai sarana komunikasi untuk hiburan dan relaksasi, bahkan nyaman untuk ruang kerja.

Bagian atapnya didesain dengan panoramic roof yang memastikan cahaya berlimpah di atas kepala.

Body berdesain futuristik terbuat dari material ringan dan kuat untuk mencapai bobot kendaraan kurang dari 2.000 kg.

Tampak belakang mobil listrik Varsovia Tampak belakang mobil listrik Varsovia

Varsovia ditopang teknologi mobil listrik (range extender) mirip Chevrolet Volt. Artinya mesin bakar sebagai generator yang menyuplai tenag ke baterai jika tenaganya habis. Selanjutnya motor listrik bekerja berdasarkan asupan tenaga dari baterai yang tersimpan di bawah lantai.

Klaim pabrikan, mobil ini bisa bergerak sejauh 350 km dalam sekali charge. Sementara akselerasi dari 0-100 kpj dalam waktu kurang dari lima detik, dan topspeed 200 kpj.

Varsovia Interior mobil listrik Varsovia

Ketika masuk ke interior, Anda akan disajikan komputer dengan layar 19" sebanyak dua buah, tablet, keyboard dan mouse. Peralatan ini bisa terkoneksi satelit. Di samping itu kursi-kursinya dilengkapi fitur pendinginan, pemanasan dan pemijat.

Sementara pabrikan menyuguhkan sensor dan kamera yang berguna untuk memantau keadaan emosi penumpang hingga mengetahui pengendara jika mengalami kelelahan. Fitur ini berguna meningkatkan keselamatan penghuni kabin.

Menurut rencana mobil ini akan debut dunia pada pameran mobil international tahun ini, dan masuk dapur produksi pada 2018 dalam jumlah terbatas yaitu tidak lebih dari 50 unit per tahun. [Adi/Ikh]


Komentar