Van der Mark Resmi Debut di MotoGP Malaysia 2017 Share this
MotoGP
Mode baca

Van der Mark Resmi Debut di MotoGP Malaysia 2017

Denny Basudewa
pada 24 Oktober 2017

Foto: Michael van der Mark

PHILLIP ISLAND – Michael van der Mark secara resmi akan debut di MotoGP Malaysia 2017 menggantikan Jonas Folger di tim Tech3 Yamaha.

Ini merupakan kesempatan emas bagi pembalap asala Belanda tersebut. Setelah gagal menggantikan Valentino Rossi di MotoGP Aragon 2017, Mark kembali mendapat kesempatan menunggangi YZR-M1. Namun kali ini bersama tim satelit Yamaha.

Rossi yang diperkirakan masih menjalani masa pemulihan dan tidak bisa tampil di Aragon, kemudian membuat keputusan mengejutkan. Keputusan untuk bisa tampil dari Rossi membuat Mark merasa sedikit kecewa. Namun tawaran kembali datang dari tim milik Herve Poncharal (Tech3).

Sayangnya ketika tawaran kembali datang jelang MotoGP Autralia 2017 pekan lalu, berbarengan dengan SBK Jerez yang Ia jalani. Walhasil Ia lebih memilih kejuaraan yang ditekuninya selama ini. Namun tawaran kembali datang dari Poncharal untuk mengisi kekosongan di MotoGP Malaysia 2017.

“Tidak ada kata lain selain saya sangat terkesan akan tawaran ini. Saya kehilangan kesempatan untuk menjajal performa tunggangan di MotoGP beberapa waktu lalu, tapi kali ini akhirnya terwujud. Saat pertama kali dihubungi Herve, saya kebetulan sedang ada jadwal balap. Namun Ia kembali menawarkan posisi kosong di Sepang,” ujar Mark.

Dirinya mengatakan bahwa sangat mengenal Sepang. Namun para pembalap MotoGP kerap melakukan sesi tes di sana, maka Ia berpendapat balapan akan sulit karena masih Mark masih beradaptasi dengan motornya.

“Untungnya saya kenal Sepang, tapi pembalap MotoGP telah melakukan banyak tes di sini, jadi pasti semua orang akan tampil kencang di sini. Saya hanya akan berusaha menikmati akhir pekan ini dan berterima kasih kepada Herve dan Yamaha atas kepercayaannya,” ujar Mark. [Dew/Ikh]


Komentar