Valentino Rossi Bongkar Kelemahan Lorenzo Share this
MotoGP
Mode baca

Valentino Rossi Bongkar Kelemahan Lorenzo

Denny Basudewa
pada 31 Agustus 2016

Foto: Rossi dan Lorenzo di Brno

BRNO – Berhasil bangkit dari keterpurukan dan finish posisi kedua di Brno, Valentino Rossi menyebut dirinya mengetahui kelemahan dari Jorge Lorenzo.

Jelang balapan di Silverstone, Inggris akhir pekan mendatang, Valentino Rossi memberikan komentar atas keterpurukan rekan satu timnya. Menurutnya kegagalan yang dialami pembalap berjuluk Por Fuera tersebut merupakan salah satu kelemahannya saat ini.

"Lorenzo di lintasan kering sangat, sangat kuat. Tapi beberapa tahun belakangan ini dia bermasalah dengan trek basah. Dulu dia juga kuat pada saat hujan, beberapa kali hanya sedikit lebih lambat dari kondisi kering. Tapi dia juga mampu memenangkan balapan dan naik podium." ungkap Rossi.

Selain The Doctor, Rossi juga diberi julukan The Rain Master. Hal tersebut dikarenakan pembalap Italia ini mampu beberapa kali memenangkan lomba pada saat hujan. Berbanding terbalik dengan Lorenzo yang kerap bermasalah dengan turunnya rintik hujan di lintasan.

Musim lalu, Lorenzo menunjuk helm sebagai biang keladi dari kegagalannya. Berhasil menjadi yang tercepat saat sesi kualifikasi, pembalap Spanyol tersebut justru hanya finish keempat saat balapan dalam keadaan hujan. Meskipun telah berganti produsen helm, Lorenzo masih gagal mengembangkan potensinya tahun ini.

Pada MotoGP Ceko 2016 beberapa waktu lalu, posisi Rossi dan Lorenzo melorot jauh ke belakang. Namun di tengah-tengah lomba, juara dunia sembilan kali tersebut berhasil mengatasi masalah, kemudian finish kedua.

Sementara Lorenzo semakin terpuruk karena sempat dua kali masuk pit untuk mengganti motor. Bahkan dirinya terlihat sempat bersitegang dengan kru mekaniknya. Calon pembalap Ducati musim depan ini hanya mampu finish urutan 17 atau paling belakang.

Sirkuit Silverstone sendiri memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Jika balapan akhir pekan ini kembali digelar dalam kondisi basah, mampukah Por Fuera mengatasi kelemahannya tersebut? [Dew/Ikh]


Komentar