Ural Motorcycles Membawa Sejarah PD II di GIIAS 2016 Share this
Motor Baru
Mode baca

Ural Motorcycles Membawa Sejarah PD II di GIIAS 2016

Denny Basudewa
pada 13 Agustus 2016

Foto: Ural Motorcycles, sepedamotor buatan Rusia

TANGERANG – Motor asal Rusia, Ural Motorcycles turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Motor ini didistribusikan oleh PT Hobby Motor Indonesia di Tanah Air sejak 2012.

Michael Sofyan, CEO Ural Indonesia melihat masih ada peluang untuk motor-motor Ural di Indonesia. Ia menyakini model sepedamotor Ural akan diterima pasar Indonesia, terutama konsumen yang mencari desain motor-motor unik, klasik ala kendaraan perang dunia ke II .

Kuda besi ini menyajikan desain unik karena telah dilengkapi sespan atau sidecar. Motor yang telah eksis sejak 1940-an ini mengadopsi model klasik. Masuk ke Tanah Air, sepedamotor ini harus mengalami sedikit ubahan dikarenakan budaya yang berbeda.

Ubahan itu harus menggeser sespan dari kanan ke kiri. Hal ini dikarenakan budaya di Tanah Air mengadopsi jalur di sebelah kiri. Namun ubahan tersebut diyakini tidak menjadi masalah, karena motor tetap dapat nyaman digunakan.

Hobby Motor Indonesia menawarkan empat model Ural yakni cT (Daily Commuter), M70 (Retro Fun), Patrol (Touring Comfort) dan Gear Up (Hello Adventure). Menurut Michael, keempat model tersebut hanya dibedakan aksesori yang digunakannya.

“Basic mesinnya sama, keempat model ini hanya beda di aksesorinya saja,” jelas Michael saat Otospirit temui di GIIAS 2016.

Ural menggunakan jantung penggerak 2-silinder kapasitas 749cc berpendingin udara. Motor Rusia ini telah menggunakan sistem fuel-injection. Kendaraan ini memiliki 4 percepatan maju ditambah 1 gigi mundur.

Desain lawas motor ini mencuri perhatian para pengunjung GIIAS 2016. Terbukti booth Ural tak henti-hentinya ramai pengunjung GIIAS yang ingin sekedar bertanya-tanya dan melihat-lihat.

Ural Motorcycles tipe cT dibanderol seharga Rp 325 juta, Sedangkan tipe M70 dan Patrol dilego seharga Rp 375 juta. Tipe paling mahal dari Ural adalah Gear Up yang dilepas Rp 405 juta, masing-masing harga off-the-road.

Diboyong langsung dari Rusia, Hobby Motor membutuhkan waktu selama kurang lebih tiga bulan, untuk mengantarkan langsung kepada konsumen. Selama GIIAS 2016, konsumen mendapat potongan harga sebesar Rp 20 juta. [Dew/Ikh]


Komentar