Unik, Alasan Pembalap MotoGP Pilih Jenis Visor Helm Share this
MotoGP
Mode baca

Unik, Alasan Pembalap MotoGP Pilih Jenis Visor Helm

Ary Dwinoviansyah
pada 01 Februari 2019

MADRID - Pemilihan visor atau kaca helm menjadi salah satu faktor yang membuat seorang pembalap MotoGP lebih percaya diri ketika berkompetisi di lintasan.

Idealnya penggunaan visor disesuaikan dengan cuaca yang terjadi di lintasan. Apalagi, balapan MotoGP musim lalu berlangsung sebanyak 19 seri yang pastinya kondisi yang beragam. Mulai dari panas terik, hujan dan dingin yang beresiko menimbulkan kabut pada visor. 

Bicara mengenai jenis warnanya, ada beberapa pilihan visor. Mulai dari clear, smoke, dark visor hingga yang berwarna. Namun, dibalik itu rupanya ada keunikan tersendiri bagi pembalap untuk memutuskan menggunakan warna visor tertentu untuk balapan. 

Johann Zarco, pembalap MotoGP tim KTM ternyata lebih menyukai visor gelap. Tapi, bagi dia tugasnya tak hanya mengurangi intensitas cahaya berlebih yang akan mengganggu pandangan saja. 

"Melindungi supaya tidak terlalu silau dan bisa tetap fokus kepada pekerjaan (balapan). Tapi, dengan ini (visor dark) membuat saya merasa lebih terlindungi," ujar Zarco. 

Serupa dengannya, mantan pembalap KTM yakni Bradley Smith pun lebih menyukai visor gelap. Pembalap yang akan berkompetisi di MotoE World Cup 2019. Namun, alasannya justru di luar dugaan. 

"MotoGP selalu lebih elegan, terkadang lebih baik jika (mata) kamu tidak terlihat. Saya tahu kedengarannya gila. Tapi, akan lebih baik juga jika kamu bisa melihat lebih sedikit. Memang dengan visor berwarna kamu bisa melaihat genangan di lintasan. Namun, tidak bergantung pada perasaan alami atau karakter balapmu," papar Smith. 

Lain pula dengan alasan Aleix Espargaro. pembalap Aprilia Racing itu justru beranggapan lebih cepat dengan visor gelap, meski menggunakannya saat hujan. Sebaliknya dengan Cal Crutchlow. Pembalap LCR Honda itu malah tak menyukai visor gelap. Dia cenderung menggunakan visor berwarna atau transparan saat balapan. 

"Biasanya selalu menggunakan visor warna. Saya tidak suka kegelapan karena tidak bisa melihat dengan baik. Dan, ketika hujan, jelas saya menggunakan visor clear," tutup Crutchlow kepada Motogp.com. [Ary/Ari]


Komentar