Uji Tabrak Mazda6 2018 Raih Hasil Sempurna Share this

Uji Tabrak Mazda6 2018 Raih Hasil Sempurna

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 26 Oktober 2018

LEVERKUSEN - Mazda berhasil meraih predikat bintang lima pertama setelah generasi terbaru mendapatkan nilai nyaris sempurna pada sesi uji tabrak dari EURO NCAP.

Pihak Mazda patut berbangga diri setelah melihat hasil uji tabrak new-Mazda6. Pasalnya, ini menjadi produk pertama mereka yang meraih lima bintang dari EURO NCAP. Ada empat pengujian yang dilakukan terhadap varian Mazda6 estate pada video di atas. Mulai dari Adult Occupant, Child Occupant, Vulnerable Road User (pedestrian safety) dan Safety Assist terhadap new-Mazda6 estate.

Skor Mazda6 pada pengujian Adult Occupant meningkat sebanyak 3% menjadi 95%. Pihak EURO NCAP menyebut hal tersebut luar biasa di mana angka tertinggi didapat ketika melihat dampak uji tabrak pada bagian depan saat mobil berhenti, sisi penghalang dan bagian samping.

Selain itu, penilaian terhadap The Child Occupant meningkat pesat dari 14% menjadi 91% dengan poin besar diberikan pada dampak frontal dan lateral. New-Mazda6 juga dikategorikan semakin aman untuk pedestrian (Vulnerable Road User) dengan torehan penilaian 66%.

Tes terakhir mengenai Safety Assist di mana bertujuan untuk melihat sejauh mana kinerja fitur keselamatan pada Mazda6 dapat membantu pengemudi maupun penumpangnya terhindar dari kecelakaan. Dalam hal ini pengujian dilakukan terhadap fitur pengereman Autonomous Emergency Braking and Forward Collision Warning. Di sini, Mazda6 mendapatkan persentase penilaian sebesar 73%.

Tentu saja hal itu didapat berkat penyempurnaan pada teknologi keselamatan yang terintegrasi dalam i-ACTIVSENSE. Mulai dari sistem Intelligent Speed Assist (ISA), fitur Mazda auto-hold hingga kamera 360 derajat yang tersaji pada monitor di kabin.

Tak hanya fitur, pihak pabrikan pun menerapkan struktur bodi ramah pejalan kaki. Desain kap mesin hanya lah salah satu penerapan SKYACTIV body dari Mazda. Pasalnya tubuh Mazda6 juga ringan, namun tetap rigid dan mampu meredam tumbukan lebih baik dari model terdahulu lansiran 2013.

Penilaian new-Mazda6 2018 juga turut terdongkrak berkat pengalaman berkendara yang diberikan. Mulai dari akselerasi, pengereman, handling serta pengendalian. Mobil tersebut dinilai semakin menyenangkan untuk dikendarai dan tentunya pula pengurangan resiko insiden. [Ary/Ari]


Komentar