TVS Zeppelin, Motor Hybrid Bergenre Cruiser Share this
Motor Konsep
Mode baca

TVS Zeppelin, Motor Hybrid Bergenre Cruiser

Denny Basudewa
pada 15 Februari 2018

Foto: TVS Zeppelin, Motor Hybrid Bergenre Cruiser

NEW DELHI – TVS Zeppelin Concept dikenalkan sebagai motor hybrid bergenre cruiser.

Setelah mengumumkan kerjasama dengan BMW Motorrad, pabrikan motor asal India yakni TVS mengalami evolusi besar-besaran, terutama dalam hal desain produk-produknya. TVS dengan bangga mengenalkan Apache RR 310 yang menggunakan basis BMW G 310 R.

Kali ini TVS kembali menggebrak dengan menghadirkan sebuah motor hybrid. Meskipun bukanlah yang pertama di dunia, namun apa yang mereka perlihatkan cukup mengesankan. Terlebih dari inovasinya yang menggunakan dua sumber tenaga yaitu mesin konvensional dan listrik.

Motor bergenre cruiser ini menggunakan mesin bensin berkapasitas 220 cc satu-silinder. Tenaga penggerak kendaraan tersebut, diyakini mampu menghasilkan tenaga sebesar 20 hp.

Kemudian TVS Zeppelin juga didukung dengan motor listrik berdaya 1200W dan baterai 48V lithium-ion. Daya tersebut (1200W) jika dikonversikan hanya 1,6 hp saja. Sementara baterainya setara dengan sepeda listrik besaran tenaganya.

Meskipun motor ini tidak terlalu istimewa dalam urusan tenaga, namun secara desain motor ini cukup menarik. Bentuk bodi motor yang kaku dengan sudut-sudut tegas memberikan karakter tersendiri. Penggunaan suspensi upside down menambah kesan gagah pada kendaraan.

Namun ketika melihat lampu utamanya, imaji kami langsung teringat pada kuda besi asal Italia yakni Ducati. Balutan warna coklat menambah kesan kaku pada kendaraan asal India tersebut.

Zeppelin mungkin merupakan motor prototipe yang paling inovatif dari TVS. Dikatakan bahwa mereka memang berencana untuk segera memproduksi motor hybrid pertamanya, dalam beberapa tahun ke depan. [Dew/Ari]


Komentar