TVS Zeppelin Concept Siap Masuk Jalur Produksi Share this
Berita Motor
Mode baca

TVS Zeppelin Concept Siap Masuk Jalur Produksi

Denny Basudewa
pada 19 Mei 2020

Foto: TVS Zeppelin

NEW DELHI – TVS Zeppelin yang menjadi motor bergenre cruiser pertama yang mengusung teknologi hybrid.

Pertama kali dipamerkan pada Auto Expo 2018 di India, motor ini mencuri perhatian khalayak ramai. Bukan karena desainnya, namun sistem penggerak yang mengandalkan dua metode yakni mesin bakar dan motor listrik alias hybrid.

TVS Zeppelin menggunakan mesin bensin berkapasitas 220 cc satu-silinder. Tenaga penggerak kendaraan tersebut, diyakini mampu menghasilkan tenaga sebesar 20 hp. Kemudian juga didukung dengan motor listrik berdaya 1200W dan baterai 48V lithium-ion. Daya tersebut (1200W) jika dikonversikan hanya 1,6 hp saja. Sementara baterainya setara dengan sepeda listrik besaran tenaganya.

Motor yang lebih akrab disapa Ronin ini akan langsung menantang popularitas Royal Enfield di segmen 350 cc. Bahkan dengan status motor hybrid, bisa jadi Ronin akan menantang Royal Enfield di segmen 500 cc.

TVS yang baru saja mengambil alih kepemilikan Norton, telah menjalin kerja sama dengan BMW Motorrad. Produk hasil kolaborasi yang pertama adalah BMW G 310 dan TVS Apache 310. Belum diketahui apakah Zeppelin merupakan hasil kolaborasi selanjutnya dari TVS dan BMW Motorrad.

Namun dengan menggunakan mesin lebih besar lagi, bukan tidak mungkin Zeppelin akan menantang Harley-Davidson. Ronin sendiri menurut sejarah Jepang merupakan seorang Samurai yang membunuh masternya. Menarik jika TVS Zeppelin dipasarkan nantinya akan memakan banyak kompetitornya. [Dew/Idr]


Komentar