Triumph Scrambler 1200 XE Rayu Petualang Indonesia Share this
Motor Baru
Mode baca

Triumph Scrambler 1200 XE Rayu Petualang Indonesia

Ary Dwinoviansyah
pada 25 Februari 2019

JAKARTA - Triumph Scrambler 1200 XE datang ke Indonesia dengan harga Rp 545 juta (off-the-road Jabodetabek). 

Setelah diperkenalkan pertama kali pada Oktober 2018, Triumph Scrambler 1200 akhirnya tiba di Tanah Air.

Pada peluncurannya hari ini (24/2), PT GAS Triumph Motorcycles juga hanya membawa varian tertinggi saja yaitu Scrambler 1200 XE. Padahal, ada satu unit yaitu Scrambler 1200 XC yang mungkin punya harga lebih murah. 

Tapi, Yudi Yulianto selaku Direktur PT GAS Triumph Motorcycles mengatakan ini dilakukan karena perbedaan harganya tidak terlalu signifikan. Namun, dengan varian teratas konsumen mendapatkan fitur lebih lengkap. Selain itu, akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi konsumen ketika memiliki unit tertinggi.

Di samping itu, hadirnya Triumph Scrambler 1200 XE juga menjadi langkah lanjutan mereka untuk tetap menghadirkan model modern classic yang sudah didahului oleh Bonneville, Scrambler maupun Street Scrambler. Tapi, Scrambler 1200 XE tak hanya mengedepankan ground clearence tinggi atau model upswept saja. 

Triumph Scrambler 1200 XE dibekali sistem penerangan LED, suspensi upside-down Showa ukuran 45 mm di depan dan Ohlins full adjustable pada bagian belakang. Sebagai informasi tambahan, meski menggunakan velg jari-jari tapi motor ini menggunakan ban berjenis tubeless. 

Yudi kemudian menambahkan, Triumph Scrambler 1200 XE adalah sosok motor ikonik yang bisa diandalkan oleh pemiliknya mencapai berbagai destinasi. Apalagi pihak pabrikan sudah melengkapinya dengan 6 mode berkendara, ABS cornering, traction control dan cruise control. Fitur ini ditampilkan secara modern melaui layar TFT. 

Pada area itu pula pengguna Triump Scrambler 1200 XE dapat melihat informasi seperti speedometer, tachometer, gear position, fuel gauge, service indicator, ambient temperature dan jam. Kenyataannya, penawaran dari motor ini tidak terbatas pada hal tersebut saja. 

Pasalnya, Triumph Scrambler 1200 XE bisa terkoneksi dengan kamera GoPro. Dengan begitu, pengguna bisa melihat langsung tampilan video maupun gambar melalui layar TFT generasi kedua dari Triumph tadi. Motor ini juga bisa menghadirkan fitur navigasi turn by turn untuk memudahkan pengendara serta koneksi smartphone dan musik. Namun, untuk menggunakannya pemilik motor akan mendapatkan aplikasi terpisah setelah melakukan registrasi nomor kendaraan ke Triumph pusat. 

Triumph Scrambler 1200 XE pun diperkaya dengan ragam fitur lain demi menunjang kenyamanan. Mulai dari penghangat grip, IMU (inertial measurement unit) guna mengoptimalkan fitur ABS cornering dan traction control, torque assist clutch, keyless ignition dan USB charging. 

Sektor yang tak kalah memikat tentu saja performa. Triumph Scrambler 1200 XE dipersenjatai mesin 1.200 cc SOHC bertenaga 89 hp di 7.400 rpm dan torsi 110 nm pada putaran mesin 3.950 rpm. Informasi menarik lainnya adalah 4 unit yang didatangkan PT GAS Triumph Motorcycles ini sudah ada pemiliknya. 

"New Scrambler 1200 XE adalah cerminan dari Triumph melihat trend dan gaya hidup bikers modern yang mencari sosok motor ikonik untuk mengekspresikan dirinya dengan tidak mengurangi pengalaman memacunya menggapai berbagai destinasi. Bila melihat kondisi demikian, tentunya cocok digunakan di Indonesia," tutup Yudi. [Ary/Ari]  


Komentar