Transmisi DSG 10-speed VW Hancur Saat Uji Coba Share this

Transmisi DSG 10-speed VW Hancur Saat Uji Coba

Adi Hidayat
pada 09 Mei 2017

Foto: Transmisi DSG 10-speed

WOLFSBURG - Volkswagen memasuki masa masa dilema saat mendapatkan uji coba transmisi DSG 10-speed mengalami kegagalan. Sistem transmisi yang digadang akan masif di masa akan datang tersebut hancur saat menjalani tahap uji coba.

Hal itu berdasarkan penuturan Friedrich Eichler selaku kepala pengembang powertrain Volkswagen. Akibat kejadian ini, perusahaan otomotif asal Jerman itu harus menghentikan sementara proyek transmisi DSG 10-speed.

"Dua bulan yang lalu, saya mendapatkan prototipenya hancur," kata Eichler dalam acara Vienna Motor Symposium.

Friedrich tidak mengungkap secara teknikal bagaimana transmisi cerdas yang akan menjadi kebanggaan VW itu bisa hancur. "Tentu saja, saya menyimpan semua datanya," tutur Eichler.

Volkswagen sendiri masih menunda melanjutkan proyek ini dan bukan menutup rapat-rapat pengembangan transmisi DSG 10-speed, yang menggunakan nama kode DQ511 karena terbentur biaya yang tinggi seperti banyak diberitakan media lokal dan luar negeri.

Ketertarikan pihak Volkswagen menyediakan transmisi hingga 10-speed tersebut lantaran akan memiliki lebih banyak percepatan yang tentunya bisa meningkatkan performa mesin. Eichler menegaskan bahwa gearbox itu mencerminkan kesuksesan besar VW di dunia otomotif.

Asal muasal transmisi DSG 10-speed datang pada 2013. Saat itu pihak Volkswagen menyatakan akan mengembangkan transmisi DSG 10-speed yang belum dimiliki perusahaan otomotif dunia.

Menurut rencana sistem transmisi itu diharapkan dikenalkan pada Volkswagen Golf GTI, GTD dan R. Hingga kabar ini berhembus, belum tahu kapan VW memulai pengembangan proyek transmisi DSG 10-speed. [Ikh/Ikh]


Komentar