Toyota Sienna Makin Garang Share this
Modifikasi
Mode baca

Toyota Sienna Makin Garang

Denny Basudewa
pada 02 Juni 2016

TORRANCE – Toyota menunjukkan kalau perfoma Toyota Sienna bisa mumpuni. Berbagai ubahan dilakukan untuk ikut serta dalam One Lap of America 2016.

Dengan cara yang terbilang sadis, Toyota Sienna SE lansiran 2015 dimodifikasi agar dapat mengikuti gelaran balap bersejarah di negara Paman Sam tersebut. R Tuned dipercaya untuk memodifikasi minivan Sienna.

Meski masih mempertahankan mesin 3.5-liter V6 bawaan dari pabrik, tapi R Tuned telah memodifikasinya sedemikian rupa agar lebih gila lagi. Perpaduan cold air intake dan dan exhaust sistem berdiameter 3”, disebut-sebut meningkatkan performa mobil sebesar 40 hp.

Tak hanya mesin, R tuned juga memberi program diet agar bobot mobil menurun hingga 300 gram. Hal tersebut membuat power to weight ratio kendaraan ini mirip dengan Ford Focus ST.

Rumah modifikasi asal Inggris ini bekerja keras pada sistem suspensi Toyota Sienna. Hasilnya, bagian chassis kini lebih kaku berkat pemasangan roll cage. Penggunaan roda Enkei 18” bersanding dengan ban berbahan karet agresif.

Hasilnya, Toyota Sienna garapan R Tuned ini berhasil menjuarai kelas Truck/SUV, di One Lap Amerika 2016. Secara keseluruhan, Toyota Sienna menempati posisi ke-21 di belakang Nissan GT-R, Mitsubishi Lance Evo, Chevrolet Corvettes dan BMW M-car.

One Lap of America adalah evolusi yang terinspirasi dari Cannonball Run. Namun segi positifnya adalah acara ini dilakukan secara legal.

Mobil ini mengarungi Inggris dari Amerika untuk merasakan berbagai kondisi trek. Dalam perjalanannya, Toyota Sienna telah menempuh jarak sekitar 2506 kilometer. [Dew/Syu]


Komentar