Toyota Sienna 2021 Bertenaga Hybrid Diluncurkan Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Sienna 2021 Bertenaga Hybrid Diluncurkan

Ahmad  Richad
pada 20 Mei 2020

Foto: All New Toyota Sienna 2021

TEXAS - Toyota akhirnya resmi meluncurkan mobil terbaru mereka yakni all-new Sienna 2021. Minivan ini sudah menggunakan teknologi tenaga hybrid.

Toyota Sienna generasi keempat ini merupakan produk yang direkayasa dan dirakit di Amerika Serikat (AS). Sebelumnya mobil ini dijadwalkan meluncur April lalu, pada pameran mobil di New York, namun acara tersebut terpaksa ditunda karena virus corona (Covid-19).

“Ini adalah kendaraan yang sepenuhnya baru, dan pengembangan generasi keempat Sienna merupakan sebuah pekerjaan yang sangat besar, tetapi kami selalu bekerja menuju satu misi tunggal, yakni membuat van terbaik,” kata Chief Engineer Toyota Monte Kaehr.

Jika dilihat dari desainnya, Sienna terbaru ini memiliki tampilan yang lebih tegas layaknya model sport utility vehicle (SUV). Pada bagian depan Sienna 2021 sudah disematkan fitur premium, seperti pintu samping geser, lampu utama LED serta velg 20 inci dengan bumper yang sporty. 

Sementara pada bagian kabinnya, mobil ini terlihat sangat mewah dan modern. Karena sudah dilengkapi dengan dashboard dua lapis dan layar sentuh "floating" seluas 9 inci di bagian tengah. Ada juga layar informasi 7 inci pada panel instrumen.

Tidak hanya itu, Toyota juga menyematkan beberapa fitur lainnya pada interior Sienna ini, seperti vakum cleaner, lemari pendingin yang berada di tengah jok kedua, sandaran tangan, tempat gelas, charger nirkabel dan tempat penyimpanan lainnya.

All-new Toyota Sienna 2021 dibangun di atas platform TNGA-K terbaru, yang diklaim pihak Toyota memiliki tingkat kesenyapan kabin lebih maksimal. Bahkan dengan konstruksi TNBGK-K ini Toyota Sienna 2021 mampu meredam reduksi getaran melalui struktur kemudi, lantai dan kendaraan. 

Untuk urusan dapur pacunya, Sienna 2021 mengandalkan mesin berkapasitas 2,5 liter berbahan bakar bensin yang dikawinkan dengan dua motor listrik. Kolaborasi ini mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 243 Hp. tenaga ini 53 hp lebih rendah dari Sienna generasi sebelumnya.

Pihak Toyota mengklaim gabungan bahan bakar mobil ini mencapai hingga 33 mil per galon (mpg). Jumlah tersebut berada jauh dari pedoman Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) yang menetapkan mobil penumpang harus mencapai rata-rata 54.5 mpg pada 2025.

All-new Sienna 2021 tersedia dalam trim LE, XLE, dan Limited tetapi akan ada juga versi XSE baru dan trim Platinum yang akan bertindak sebagai model range-topping. Mengenai harga Sienna 2021 dijual mulai 34 ribu - 40 ribu dolar AS atau sekitar Rp 504 juta sampai Rp 600 jutaan. [Ric/Idr]


Komentar