Toyota Siap Perbanyak Dealer di Ibu Kota Baru Share this
Berita Mobil
Mode baca

Toyota Siap Perbanyak Dealer di Ibu Kota Baru

Denny Basudewa
pada 28 Agustus 2019

Foto: Toyota Indonesia

JAKARTA - Toyota Astra Motor (TAM) menyatakan siap mendukung perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

Hal ini diungkapkan oleh Fransiskus Soeryopranoto, Executive General Manager TAM. Menurutnya Toyota melihat rencana pemindahan Pemerintahan adalah sebuah rencana yang positif. Dikatakan bahwa pusat bisnis juga akan berpindah seiring dengan keputusan pindahnya Ibu Kota.

"Pada dasarnya Toyota akan selalu siap mendukung rencana Pemerintah. Melihat alasan Pemerintah yang ingin memindahkan beban pulau Jawa sebagai pusat bisnis dan pemerintahan, ini adalah suatu rencana positif," ucap Soeryo (28/08/2019).

Keputusan Pemerintah tersebut ditanggapi Toyota dengan melakukan ekspansi. Langkah ini dilakukan guna merespon akan meningkatnya jumlah permintaan kendaraan, khususnya di Kalimantan Timur. Namun brand asal Jepang tersebut akan melakukan studi dalam melihat dampak positif perpindahan Ibu Kota.

"Kemungkinan mobilitas yang berubah tentu saja ada. Ekspansi dealer Toyota sendiri didasari oleh banyak faktor. Salah satunya jumlah market, baik dari sisi pembelian maupun perawatan," jelasnya kemudian.

Disebutkan bahwa penjualan produk-produk Toyota di Kalimantan Timur, memberikan kontribusi terhadap penjualan Toyota nasional sebesar 2 persen. Sementara seluruh Kalimatan sendiri memberikan kontribusi sebesar 5.4 persen. Saat ini jumlah outlet Toyota di Kalimantan Timur berjumlah 7 unit.

“Dengan berpindahnya Ibu Kota tentu ada aktivitas mobilitas yang juga turut berpindah. Dampaknya akan berpengaruh pada penjualan di Kalimantan. Tapi proporsinya seperti apa itu yang masih perlu kami pelajari,” tutur Soeryo kemudian. [Dew/Idr]


Komentar