Toyota Luncurkan Camry 2020 Versi AWD Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota Luncurkan Camry 2020 Versi AWD

Ahmad  Richad
pada 20 Februari 2020

JAKARTA - Toyota akhirnya meluncurkan Toyota Camry AWD (all-wheel drive) 2020. Selain desainnya yang mewah, sedan ini juga sudah dibekali dengan teknologi terkini. 

Camry 2020 ini merupakan produk sedan pertama Toyota yang menggunakan sistem AWD sejak 1991. Nantinya versi AWD ini akan tersedia pada level trim Camry LE, XLE, SE dan XSE.

Sedan ini juga sudah dibekali fitur sistem Dynamic Torque Control AWD terbaru yang sama dengan Toyota RAV4 saat diperkenalkan pada 2019 lalu.

Sistem ini dapat mengatur hingga 50 persen torsi engine ke roda belakang ketika mendeteksi selip pada roda depan. Dan dapat melepaskan poros belakang sepenuhnya ketika tidak diperlukan untuk penghematan bahan bakar yang lebih baik.

Untuk bagian dapur pacunya Camry 2020 menggunakan mesin empat-silinder 2.5 liter yang dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-speed dan menghasilkan 202 hp. Sementara versi Camry XSE AWD akan mendapatkan 3 hp lebih banyak, sehingga menjadi 205 hp, ini berkat XSE dibekali dengan dua knalpot.

Mobil ini dikembangkan di Amerika Serikat sebagai model khusus untuk Amerika Utara dengan memanfaatkan fleksibilitas yang ditawarkan platform TNGA. Para insinyur Toyota Amerika Utara pada dasarnya mengadopsi mesin, transmisi, transfer case dan diferensial belakang dari RAV4 dan menggabungkannya dengan struktur Camry.

Suspensi multilink belakang RAV4 juga diadaptasi dengan beberapa modifikasi dan penyetelan khusus agar sesuai dengan model sedan ini, sementara untuk propeller shaftnya diambil dari SUV Highlander yang baru.

Toyota Camry 2020 akan dijual di dealer pada awal musim semi di Amerika Serikat. Semua level trim AWD akan ditawarkan dengan paket penjualan yang menarik. Namun belum ada keterangan resmi apakah model ini akan masuk pasar Indonesia atau tidak. [Ric/Idr] 


Komentar