Toyota LandCruiser 200 Tambah Fitur Namun Harga Tidak Berubah Share this
Mobil Baru
Mode baca

Toyota LandCruiser 200 Tambah Fitur Namun Harga Tidak Berubah

Ary Dwinoviansyah
oleh Ary Dwinoviansyah
pada 04 Oktober 2018

PORT MELBOURNE - Toyota LandCruiser 200 mendapatkan penambahan fitur baru demi keamanan pengemudi dan penumpangnya.

Toyota melanjutkan perkembangan teknologinya yang kali ini ditampilkan pada unit Landcruiser 200, tepatnya untuk model GLX dan VX. Pada varian Landcruiser VX kini terdapat monitor blind-spot yang berfungsi memberikan peringatan jika ada kendaraan lain mendekat ketika sedang berputar arah.

Monitor tersebut juga dapat menampilkan seluruh tubuh Landcruiser 200 berkat penyematan empat buah kamera wide-angle di depan, belakang serta sisi kanan-kiri (posisi di spion).

Dengan begitu, pengemudi lebih mudah memantau jarak mobil dengan kendaraan di sekitarnya. Tidak hanya bodi, dua kamera di kanan dan kiri juga bisa dijadikan patokan untuk melihat posisi ban depan Landcruiser 200 VX. Apalagi, layar yang juga terintegrasi dengan navigasi satelit itu berukuran cukup lebar yakni 9 inchi.

Fitur pada Toyota LandCruiser 200 VX ini disebut dengan istilah Birds View. Secara umum, sajiannya sama dengan perangkat yang sudah diperkenalkan Hyundai H-1 yaitu Eagle Eyes. Selebihnya, Toyota LandCruiser 200 VX sudah memiliki kebaruan lain. Seperti lampu utama bi-LED dengan tingkat keterangan otomatis, lampu kabut dan daytime running light LED, velg 18 inchi, wiper otomatis, moon roof hingga interior aksen kayu yang membuatnya tampil mewah.

Toyota Landcruiser 200 blind-spot monitor

Sementara pada varian Toyota LandCruiser GLX, pihak pabrikan menambahkan sensor parkir di depan dan belakang dengan sistem peringatan audio-visual. Sensor tersebut akan diantara tachometer dan speedometer sebagai instrumen baru pada MID tipe ini.

Pada MID berukuran 4,2 inchi itu juga terdapat beberapa informasi lain. Mulai dari odometer, trip meter, konsumsi bahan bakar, indikator pengendaraan ramah lingkungan, jangkauan jelajah, posisi shift dan berbagai peringatan lainnya.

Selanjutnya, material pembungkus lingkar kemudi serta tuas transmisi juga diperbaiki dan terdapat pula tombol untuk mendapatkan informasi dari MID, audio hingga fitur telepon. Perangkat lainnya meliputi velg 17 inchi, dua konektor 12 volt di depan dan satu konektor 220 volt di kabin belakang, navigasi satelit, kamera belakang dan roof rail.

Melalui penambahan ini, Toyota nyatanya tidak mengubah harga jual LandCruiser VX maupun GLX. Sepertinya, ini menjadi cara bagi Toyota agar mobil ini tetap digemari konsumen.

"Toyota LandCruiser sudah menjadi mobil favorit di Australia sejak pertama kedatangannya. Mobil ini dipuji karena kenyamanan dan kemampuannya memasuki wilayah terpencil di negara ini. Bagian dari kemampuan itu berasa dari kecanggihan teknologi untuk membantu pengemudi di kondisi apa pun," ucap Sean Hanley, Toyota Vice President Sales and Marketing. [Ary/Ari]


Komentar